Penggunaan media specimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sofi Eko Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media specimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sofi Eko Cahyono

Cahyono, Sofi Eko (2009) Penggunaan media specimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Sofi Eko Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyono Sofi Eko. 2009. Penggunaan Media Specimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan . Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah Program Sarjana. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs.Usep Kustiawan M.Sn (2) Drs.Sumanto M.Pd. Kata kunci Media Specimen Hasil belajar IPA Kondisi yang terjadi sementara ini khususnya di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas III belum mencapai Standart Ketuntasan Minimal (SKM) yaitu 65. Specimen merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang siswa supaya ikut aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan specimen sebagai media dalam proses pembelajaran dapat diterapkan di berbagai sekolah baik pada sekolah yang letaknya terpencil maupun sekolah yang sudah maju. Hal ini disebabkan karena specimen dapat dikembangkan oleh guru yang disesuaikan dengan kondisi sekolah maupun kondisi siswa. Berdasarkan uraian di atas dan mengingat peranan guru sebagai salah satu komponen yang menentukan keberhasilan pembelajaran maka peneliti ingin melakukan perbaikan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diberi judul Penggunaan Media Specimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III di SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). yang dikembangkan oleh Kemmis dam Mc Tanggart.meliputi empat jalur (langkah) yaitu 1) Planning perencanaan 2) acting observing tindakan dan pengamatan 3) reflecting perefleksian dan 4) revise plan perbaikan rencana. Dalam penelitian ini yang akan menjadi subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas III SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media specimen pada pembelajaran IPA materi energi dan kegunaannya Kelas III SDN Randuati Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai rata-rata pra tindakan hanya mencapai 61 22 dengan ketuntasan belajar kelas 43 9% meningkat menjadi 71 34 dengan ketuntasan belajar kelas 63 41% pada siklus I. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 85 6 meskipun ada 2 siswa (4 88%) belum mencapai ketuntasan belajar individu namun untuk ketuntasan belajar kelas sudah mencapai 95 12%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102692

Actions (login required)

View Item View Item