Analisis bibliometrika dalam artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012-2016 / Nurud Dluha

Dluha, Nurud (2018) Analisis bibliometrika dalam artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012-2016 / Nurud Dluha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Dluha, Nurud. 2018. Analisis Bibliometrika dalam Artikel Tesis Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang Terbitan Tahun 2012-2016. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (II) Drs. Darmono, M.Si. Kata Kunci : bibliometrika, analisis sitiran, topik penelitian Artikel hasil penelitian merupakan bentuk ringkas laporan penelitian ilmiah. Artikel hasil penelitian disusun berdasarkan gagasan yang berasal dari peneliti dan diperkuat dengan pendapat maupun teori-teori dari peneliti sebelumnya. Oleh sebab itu diperlukan sumber-sumber literatur rujukan yang sesuai dengan kebutuhan para peneliti. Penyitiran literatur rujukan wajib mencantumkan sumber sitirannya pada daftar rujukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis dan bahasa pengantar literatur rujukan apa saja yang digunakan dalam artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan terbitan tahun 2012−2016, (2) tingkat kemutakhiran kemutakhiran literatur rujukan yang digunakan dalam artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012−2016, (3) topik apa saja yang menjadi tren penelitian pada artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang selama tahun 2012−2016, dan (4) bagaimana visualisasi sebaran artikel hasil penelitian mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang dalam rentang tahun 2012−2016. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa frekuensi sitiran artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012−2016. Populasinya berupa artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012−2016 sebanyak 177 artikel. Sampelnya 64 artikel berdasarkan rumus slovin n . Teknik penentuan sampel pada masing-masing tahun menggunakan cluster sampling, dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengukur tingkat kemutakhiran jenis literatur yang digunakan oleh mahasiswa dalam menyusun artikel hasil penelitian adalah menggunakan rumus p= f/n x 100. Sedangkan pemetaan arah perkembangan penelitian menggunakan teknik analisis co-word. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama, jenis literatur yang sering digunakan dalam artikel tesis mahasiswa Progran Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012−2016 berupa literatur rujukan buku dengan frekuensi sitiran sebanyak 678 sitiran (70,5%), sedangkan bahasa pengantar literatur rujukan yang paling sering vi digunakan berupa bahasa Indonesia dengan frekuensi sitiran sebanyak 748 sitiran (77,8%). Kedua, tingkat kemutakhiran literatur dalam artikel tesis mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang terbitan tahun 2012−2016 adalah 12 tahun. Tahun terbit literatur rujukan terbaru adalah 2015 sedangkan tahun terbit terlama adalah 1943. Artinya literatur rujukan tahun terbit antara tahun 2015-2003 adalah mutakhir dengan frekuensi sebanyak 657 sitiran (68,3%), sedangkan literatur rujukan dengan tahun terbit tahun 2002 kebawah adalah usang dengan frekuensi sebanyak 304 sitiran (31,6%). Ketiga, arah perkembangan tren penelitian mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun 2012-2016 berupa kajian dibidang kurikulum dan manajemen personalia. Daerah yang sering dijadikan lokasi penelitian yang adalah Provinsi Jawa Timur, khususnya wilayah Malang Raya. Keempat, visualisasi sebaran artikel menggunakan teknik analisis gugus menghasilkan tiga gugus artikel, gugus I merupakan kelompok artikel dengan subjek dominan berupa subjek pendidikan dasar, gugus II merupakan kelompok artikel dengan subjek dominan berupa subjek profesionalisme, dan gugus III merupakan kelompok artikel dengan subjek dominan berupa subjek manajemen dan organisasi sekolah. Berdasarkan hasil visualisasi menggunakan teknik analisis multidimensional scaling menunjukkan adanya kecenderungan penggerombolan artikel anggota gugus pada kuadran I, hal ini terjadi karena adanya kesamaan dalam penggunaan subjek judul artikel pada masing-masing anggota kelompok gugus artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10269

Actions (login required)

View Item View Item