Upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan metode discovery di kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan / Bambang Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan metode discovery di kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan / Bambang Santoso

Santoso, Bambang (2009) Upaya peningkatan hasil belajar IPA dengan metode discovery di kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan / Bambang Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Bambang 2009. Upaya Peningkatan Hsail Belajar IPA Dengan Metode Discovery di SD Kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan . Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dasar dan Prasekolah Program Sarjana. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof.Dr H.Moh.Shochib M.Pd (2) Dra.Sri Estu Winahyu M.Pd . Kata kunci Metode discovery Hasil belajar IPA Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan latihan berpikir kritis penulis ingin menggunakan metode discovery sebagai sarana untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Penggunaan metode discovery menempatkan siswa sebagai subyek dan guru sebagai fasilitator motivator dan moderator dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode discovery dapat mengukur kemampuan siswa secara kompleks. Siswa dapat dinilai tidak hanya dari segi kemampuan intelektual atau aspek kognitif tetapi juga dari aspek psikomotorik untuk mengetahui hasil belajarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut disusun rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana hasil belajar IPA materi pokok energi dan perubahannya di kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan dengan menerapkan metode Discovery (2) Apakah penerapan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok energi dan perubahannya di kelas V SDN Nguling 03 Kabupaten Pasuruan Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). yang dikembangkan oleh Kemmis dam Mc Tanggart.meliputi empat jalur (langkah) yaitu (1) Planning (2) acting observing (3) reflecting (4) revise plan. Dalam penelitian ini yang akan menjadi subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas V SDN Nguling 03 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan teknik observasi wawancara tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan metode discovery pada pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya Kelas V SDN Nguling 03 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai rata-rata pra tindakan hanya mencapai 50 125 dengan ketuntasan belajar kelas 52 5% meningkat menjadi 85 5 dengan ketuntasan belajar kelas 92 5% pada siklus I. meskipun ada 3 siswa (7 50%) belum mencapai ketuntasan belajar individu. Mengingat pada penelitian ini masih terdapat kekurangan-kekurangan diantaranya belum bisa menuntaskan hasil belajar siswa seluruhnya maka saran bagi peneliti selanjutnya supaya mengkombinasikan penggunaan Metode discovery dengan model pembelajaran atau mengkombinasikan dengan menggunakan media lain yang relevan yang sekiranya mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102689

Actions (login required)

View Item View Item