Khasanah, Nisa'ul Khurin (2009) Implementasi pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan keaktifan siswa kelas II SDN Pateguhan Pasuruan / Nisa'ul Khurin Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khasanah N.K. 2009 Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perkalian Dan Keaktifan Siswa Kelas II SDN Pateguhan Pasuruan. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. (II) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd Kata Kunci Pembelajaran matematika realistik meningkatkan penguasaan keaktifan konsep perkalian Sekolah Dasar Matematika memiliki peranan penting dalam memajukan kemampuan berpikir siswa. Belajar matematika memerlukan pemahaman konsep yang baik karena pemahaman konsep sebelumnya merupakan prasyarat untuk memahami konsep yang baru. Oleh karena itu penguasaan terhadap konsep dalam matematika mutlak diperlukan. Observasi awal yang dilakukan di kelas II SDN Pateguhan menunjukkan bahwa pembelajaran yang digunakan adalah ceramah sehingga pembelajaran hanya terpusat pada guru. Siswa cenderung pasif dalam pembelajaran dan hanya menerima bentuk jadi dari guru. Penekanan calistung atau baca tulis hitung pada kelas rendah di SD menjadi berkurang karena untuk perkalian 6 sampai 9 anak-anak diajari dengan menekuk jari. Hal ini menyebabkan penguasaan anak terhadap konsep perkalian bilangan cacah kurang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap konsep perkalian dan keaktifan siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam proses implementasi pembelajaran matematika realistik peningkatan penguasaan konsep perkalian dan keaktifan siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah 36 siswa kelas II SDN Pateguhan Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 1 juni 2009 sampai 3 Juli 2009. Pembelajaran matematika realistik yang diimplementasikan diawali dengan pemberian masalah-masalah kontekstual yang dilengkapi dengan alat-alat peraga. Masalah kemudian didiskusikan secara berkelompok. Hasil diskusi kelompok disajikan dalam diskusi kelas dengan tujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari masalah yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik meningkatkan penguasaan konsep perkalian dan keaktifan siswa kelas II SDN Pateguhan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika realistik dalam menanamkan konsep perkalian di kelas II. Selain itu dikembangkan juga pada materi matematika yang lainnya pada kelas yang lain dengan lebih menarik dengan mengembangkan masalah-masalah yang lebih kontekstual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102687 |
Actions (login required)
View Item |