Penggunaan lagu-lagu untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris kelas IV di SDN Sumberjo I Kandat Kediri / Valentina Retna Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan lagu-lagu untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris kelas IV di SDN Sumberjo I Kandat Kediri / Valentina Retna Rahayu

Rahayu, Valentina Retna (2010) Penggunaan lagu-lagu untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris kelas IV di SDN Sumberjo I Kandat Kediri / Valentina Retna Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Valentina R. 2009. Penggunaan Lagu-lagu untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IV SDN Sumberjo I Kandat Kediri. Skripsi Jurusan KSDP Program studi SI PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka Agustina M.Pd (2) Drs. I Wayan Sutama M.Pd. Kata kunci Keterampilan berbicara Media Lagu-lagu. Pembelajaran berbicara Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN Sumberjo I yang diselenggarakan selama ini tidak melalui latihan (praktik) berbicara melainkan sekedar teori berbicara siswa tidak dilibatkan dalam pembelajaran dan tidak diberi kesempatan untuk berlatih berbicara untuk mengungkapkan pendapat. Saat pembelajaran berlangsung siswa terlihat kurang tertarik bosan dan mengantuk sehingga keterampilan berbicara kurang dan hasil belajar sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan yaitu 57 83 dan hanya 8 siswa (34 78%) dari 23 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan lagu-lagu melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan kegiatan penyajian teks lagu dengan menggunakan media Flash Card Animal bisa meningkatkan keterampilam berbicara Bahasa Inggris kelas IV (2) untuk mendeskripsikan kegiatan mendramakan teks lagu bisa meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris kelas IV. (3) untuk mendeskripsikan kegiatan bercerita binatang kesukaan sesuai dengan teks lagu bisa meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris kelas IV. Model penilaian yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tujuh aspek antara lain yaitu gagasan pelafalan intonasi kelancaran volume suara alamiah dan penguasaan kosakata. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu-lagu dalam pembelajaran terdiri dari tiga tahapan kegiatan yaitu (1) kegiatan penyajian teks lagu menggunakan media flash card animal (2) kegiatan mendramakan teks lagu (3) kegiatan bercerita binatang kesukaan sesuai teks lagu kegiatan-kegiatan tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada semua kelompok belajar. Siswa kelompok tinggi mengalami kenaikan sebesar 10 44 (13 60%) siswa kelompok sedang mengalami kenaikan sebesar 16 27 (24 59%) sedangkan siswa kelompok rendah mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu 17 26 (27 16%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu-lagu dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris Kelas IV sangat tepat dan efektif diterapkan pada siswa yang mempunyai kemampuan rendah dan kemampuan sedang di SDN Sumberjo I Kandat Kediri Saran yang dapat disampaikan dari penelitian adalah bahwa pada setiap kesempatan guru sebagai pembelajar hendaknya menyajikan materi yang lebih variatif lagi agar siswa tidak cepat merasa bosan Dengan demikian kompetensi siswa dapat meningkat secara optimal. Keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa dan hasil belajar bahasa Inggris siswa masih perlu ditingkatkan lagi melalui upaya yang terencana dan berkesinambungan dengan menerapkan penggunaan lagu-lagu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102686

Actions (login required)

View Item View Item