Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran perkalian melalui penggunaan jari-jari tangan pada siswa kelas IV SDN Pukul Kabupaten Pasuruan / Mukhdori - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran perkalian melalui penggunaan jari-jari tangan pada siswa kelas IV SDN Pukul Kabupaten Pasuruan / Mukhdori

Mukhdori (2010) Upaya meningkatkan keterampilan pembelajaran perkalian melalui penggunaan jari-jari tangan pada siswa kelas IV SDN Pukul Kabupaten Pasuruan / Mukhdori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukhdori. 2009 . Upaya Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran Perkalian Melalui Penggunaan Jari Tangan Pada Siswa Kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan s1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Setyo Winarni M.Pd. Pembimbing (II) Drs. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Pembelajaran Perkalian Jari Tangan. Pembelajran pada tingkat Sekolah Dasar merupakan tahapan penting bagi siswa karena proses pembelajaran pada tahap ini dapat mempengaruhi pola belajar pada tahap selanjutnua. Pada tingkat awal pemahaman siswa yang benar terhadap suatu konsep sangat penting sebagai modal dasar bagi penguasaan konsep yang lebih besar. Namun demikian masih banyak siswa kelas IV yang belum paham tentang perkalian. Ketidak pahaman mereka disebabkan oleh cara penyajian materi yan kurang menarik sehingga tidak memotivasi minat siswa dalam belajar. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti mencoba inovasi baru dengan menggunakan jari tangan sebagai alternatif dalam pembelajaran perkalian. Pembelajaran perkalian dengan menggunakan jari tangan diharapkan akan mempermudah siswa dalam memahami materi sehingga akan memperoleh hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mendeskripsikan pemahaman pembelajaran perkalian sebelum menggunakan jari-jari tangan dalam mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Pukul Kabupaten Pasuruan. 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran perkalian dengan menggunakan jari-jari tangan dalam mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Pukul Kabupaten Pasuruan. 3) Mendeskripsikan penggunaan jari-jari tangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pukul Pasuruan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data berupa tes yaitu ulangan harian I dan ulangan harian II. Untuk menganalisa data dari hasil ulangan pada penelitian ini menggunakan penilaian acuan kriteria. Penilaian acuan kriteria yang digunakan adalah ketuntasan belajar perorangan (75%) dan ketuntasan kelas atau kelompok (80%). Pelaksanaan pembelajaran dibagi dalam 1 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Tindakan awal dilaksanakan denganmenggunakan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil belajar pada tindakan pembelajaran konvensional dinyatakan yang belum tuntas sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada siklus 1 yang terbagi dalam 5 kali pertemuan dan diakhiri dengan ulangan harian II. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini 5 minggu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan pengusaan pembelajaran perkalian dengan menggunakan jari tangan siswa dalammata pelajaran matematika kelas IV SDN Pukul Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan tahun 2009. Peningkatan pemahaman tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran konvensional sebesar 27 5 % dan pada siklus I meningkat lagi menjadi 82 5%. Dengan perolehan tersebut pembelajaran dapat dikatan berhasil tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pembelajaran perkalian penggunaan metode dan strategi yang menarik sangat penting. Karena hal itu akan membangkitkan minat belajar dan akan membantu siswa lebih mudah menguasai materi yang diberikan. Dengan menggunakan kalkulator ekonomis isyarat jari-jari tangan disarankan kepada guru agar tercapai tujuan pembelajaran intuk 1) menguasai dan memantapkan konsep perkalian dasar 6 s/d 10. 2) menghafalkan rumus-rumus perkalian 3) teliti dalam menjumlahkan 4) materi pembelajaran hendaknya diberikan tahap demi tahap sesuai tingkat kesulitan materi. Dengan demikian disaran kan agar guru hendaknya menggunakan jari-jari tangan pada materi perkalian dalam pembelajaran matematika kelas IV. Disarankan bagi peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutnya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi serta meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102684

Actions (login required)

View Item View Item