Peningkatan penguasaan konsep alam semesta dan suasana belajar melalui pembelajaran tematik bagi siswa kelas III SDN Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dwi Kristiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan konsep alam semesta dan suasana belajar melalui pembelajaran tematik bagi siswa kelas III SDN Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dwi Kristiana

Kristiana, Dwi (2009) Peningkatan penguasaan konsep alam semesta dan suasana belajar melalui pembelajaran tematik bagi siswa kelas III SDN Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dwi Kristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas III SDN Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya penguasaan konsep siswa tentang tema alam semesta. Kurangnya penguasaan konsep disebabkan karena metode guru yang sifatnya ceramah tanya jawab dan penugasan. Untuk memperbaiki pembelajaran tersebut digunakan pendekatan pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan suasana belajar dan penguasaan konsep siswa tentang tema alam semesta dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu (1) siklus I pembelajaran tematik dilakukan dengan menyusun rancangan pembelajaran kegiatannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (2) siklus II tema yang ditentukan yaitu alam semesta dijadikan pusat perhatian dan pembelajaran tematik dilaksanakan dengan menggunakan metode yang bervariasi dan menonjolkan keaktifan siswa yaitu dengan pengamatan dan kerja kelompok. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kejayan Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) suasana belajar dan penguasaan konsep tentang tema alam semesta siswa sebelum pembelajaran tematik belum optimal (2) Nilai penguasaan konsep tentang tema alam semesta siswa sebelum pembelajaran tematik hanya mencapai 42 5% hanya 17 siswa yang mendapat nilai 70 dan diatas 70 (3) Pembelajaran tematik terbukti meningkatkan suasana belajar siswa melalui aktivitas belajarnya. Peningkatan tersebut dari 69 53 pada siklus I menjadi 84 53 pada siklus II sebanyak 21 57% dikategorikan sangat baik. Selain itu adanya peningkatan penguasaan konsep tentang tema alam semesta siswa dari nilai rata-rata 63 pada pra tindakan menjadi 81 pada siklus II. Peningkatan tersebut sebanyak 18 (28 57%) dikategorikan baik sekali. Peningkatan ini juga didukung kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik. Saran pada penelitian ini adalah guru diharapkan bisa menerapkan pembelajaran tematik di sekolah guru hendaknya lebih kreatif dalam menyusun perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan guru bisa menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102682

Actions (login required)

View Item View Item