Meningkatkan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf di kelas I SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erlinawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf di kelas I SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erlinawati

Erlinawati (2010) Meningkatkan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf di kelas I SDN Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erlinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erlinawati.2009.Meningkatkan Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan dengan Model Kartu Huruf di Kelas I SD Negeri Kemiri Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. A. Badawi M.Pd Kata Kunci Pembelajaran membaca menulis membaca menulis permulaan kartu huruf Kemampuan membaca menulis merupakan landasan utama untuk menimba ilmu pengetahuan. Untuk itu kemampuan membaca menulis perlu diterapkan sejak dini. Berdasarkan hasil observasi di kelas I SDN Kemiri kemampuan berbahasa Indonesia khususnya kemampuan membaca menulis permulaan perlu diadakan perbaikan proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca menulis. Ruang lingkup penelitian ini meliputi aktifitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan dengan media kartu huruf. Obyek penelitian hanya pada siswa-siswi kelas I SDN Kemiri kemiri semester ganjil tahun pelajaran 2008-2009. Hal yang diteliti mengenai keberhasilan pembelajaran membaca menulis permulaan dengan menggunakan media kartu huruf . sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode SAS. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf dan perkembangan kemampuan membaca menulis permulaan. Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menguunakan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model kartu huruf dapat mempermudah pemahaman siswa akan huruf-huruf sehingga mempermudah untuk merangkai suku kata kata dan kalimat. Penelitian dilakukan pada 40 siswa hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pada siklus I sebesar 40 2% ( kegiatan pra siklus I ) meningkat menjadi 63 25. Pada siklus II menunjukkan peningkatan prosentase dari 63 2% (kategori sedang ) menjadi 72 1% (kategori baik). Sedangkan dari hasil observasi pada siklus I dan siklus II siswa menyukai pembelajaran membaca menulis menggunakan media kartu huruf hal ini ditunjukkan dengan 50% pada siklus I siswa dalam kategori baik dan 55% siswa pada siklus II dalam kategori baik sekali. Selain hasil belajar dan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas 1 menunjukkan peningkatan prestasi belajar yang berarti hal ini terbukti siswa lebih menyukai model kartu huruf karena merasa belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102680

Actions (login required)

View Item View Item