Persepsi pemustaka tentang desain interior layanan anak di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang / Diki Dwi Harianto

Harianto, Diki Dwi (2018) Persepsi pemustaka tentang desain interior layanan anak di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang / Diki Dwi Harianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Harianto Diki Dwi. 2018. Persepsi Pemustaka Tentang Desain Interior Layanan Anak Di Perpustakaan Umum Dan Arsip Kota Malang. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Saksomo M.Si. (II) Drs. Dwi Sugianto M.Pd. kata kunci desain interior layanan anak perpustakaan umum dan arsip kota Malang Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang diperuntukan untuk semua lapisan golongan masyarakat tanpa pengecualian termasuk anak-anak. Penyediaan layanan anak diharuskan ada pada setiap perpustakaan umum agar budaya datang ke perpustakaan dan budaya membaca terbentuk sejak usia dini. Layanan anak perpustakaan umum selain harus memperhatikan kelengkapan koleksi dan berbagai macam kegiatan didalamnya juga harus memperhatikan desain interior karena dapat menunjang kegiatan-kegiatan tersebut dan dapat menjadi daya tarik bagi sebuah layanan anak. Oleh karena itu sangat penting setiap perpustakaan umum meningkatkan desain interior pada layanan anak yang telah disediakan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan persepsi pemustaka mengenai desain interior pada layanan anak yang meliputi (1) tata letak ruangan (2) luas ruangan (3) pencahayaan ruangan (4) warna ruangan (5) elemen-elemen pembentuk ruangan dan (6) perabot ruangan sebagai bahan untuk memberikan saran kepada perpustakaan umum dan arsip kota Malang agar lebih meningkatkan desain interior pada layanan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan umum dan arsip kota Malang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pemustaka pada layanan anak yang berusia 10-12 tahun atau dengan tingkat pendidikan yaitu kelas 4-6 SD. Instrumen penelitan yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi wawancara dan dokumentasi. Wujud data dari penelitian yang telah dilakukan yaitu (1) pengamatan wujud fisik dari desain interior layanan anak dan aktifitas pemustaka di dalam ruangan yang diperoleh dari hasil observasi peneliti (2) persepsi atau pendapat pemustaka mengenai desain interior layanan anak di perpustakaan umum dan arsip kota Malang yang diperoleh dari hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yang berupa reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan desain interior layanan anak di perpustakaan umum dan arsip kota Malang sudah sesuai untuk dilayankan kepada anak-anak. Hal tersebut dapat dikatakan sesuai karena pemustaka sudah merasa nyaman dengan semua aspek-aspek desain interior layanan anak pada saat ini. Selain itu desain interior pada layanan anak di perpustakaan umum dan arsip kota Malang juga sudah sudah sesuai dengan iii teori-teori yang dirujuk pada penelitian ini. Permasalahan yang ditemukan pada layanan anak perpustakaan umum dan arsip kota Malang yaitu pada perabot ruangan mengenai kondisi kursi yang sudah pecah-pecah dan ada yang sudah robek pada alasnya jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa mengganggu kenyamanan pemustaka pada saat duduk untuk membaca koleksi-koleksi yang telah disediakan. Saran yang dapat diberikan mengenai hal tersebut yaitu kursi yang telah rusak atau yang sudah ada gejala-gejala akan mengalami kerusakan segera diperbaiki jika masih bisa diperbaiki atau bisa dilakukan pergantian pada alas kursi. Berdasarkan pendapat pemustaka juga mengharapkan adanya penambahan pada meja dan kursi baca karena masih ada ruang-ruang yang kosong yang masih bisa untuk dimanfaatkan sehingga tidak ada lagi pemustaka yang membaca buku di lantai ruangan dan penambahan meja dan kursi bisa untuk memfasilitasi orang tua pada saat mendampingi anak-anaknya di dalam ruangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10268

Actions (login required)

View Item View Item