Pemanfaatan membaca terstruktur di perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan bagi siswa kelas IV SDN Tempuran I / Pinanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan membaca terstruktur di perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan bagi siswa kelas IV SDN Tempuran I / Pinanti

Pinanti (2010) Pemanfaatan membaca terstruktur di perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan bagi siswa kelas IV SDN Tempuran I / Pinanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pinanti 2009. Pemanfaatan Membaca Terstruktur di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Bacaan Bagi Siswa Kelas IV SDN Tempuran I. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sutarno M. Pd (2) Drs. Sutrisno M.Pd Kata Kunci Membaca terstruktur Menceritakan Kembali Isi Bacaan Membaca tersturktur di perpustakaan adalah membaca terbimbing dengan menggunakan lembar panduan yang dilaksanakan di perpustakaan. Menceritakan kembali isi bacaan adalah menyampaikan maksud seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan tentang sesuatu yang dibaca sehingga maksud tersebut dapat dipahami oleh orang lain. Perpustakaan sekolah berperan sebagai sumber belajar yang menunjang pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran khususnya dalam penyediaan dan pemanfaatan bahan-bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar di sekolah demi tercapainya tujuan pendidikan. Berdasarkan observasi khususnya di SDN Tempuran I pemanfaatkan perpustakaan masih belum optimal maka dari itu peneliti melaksanakan membaca terstruktur di perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan bagi siswa SDN Tempuran I Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan siswa dalam menemukan gagasan-gagasan meningkatkan ketrampilan siswa mernggunakan bahasa baku secara lisan meningkatkan ketrampilan siswa untuk menceritakan kembali isi bacaan dengan menggunakan kata-kata sendiri dan sesuai dengan gagasan utama dalam bacaan yang telah dibaca. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dilaksanakan di dalam perpustakaan dan di dalam kelas dengan pemberian bimbingan secara klasikal. Berdasarkan observasi pada siklus I ternyata masih banyak siswa yang belum memahami isi lembar panduan menceritakan kembali isi bacaan sehingga pada siklus II diberikan bimbingan secara individu. Dalam penelitian tindakan kelas ini penulis bertindak sebagai guru dan bekerja sama dengan guru kelas III sebagai kolaborator untuk melakukan pengamatan dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran yang menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan menceritakan kembali isi bacaan secara bertahap pada pra tindakan 9 09 % siklus I 54 5 % dan pada siklus II 86 4 %. Hasil tersebut menunjukkan adanya ketuntasan belajar pada pelaksanaan siklus kedua dengan kenaikan dari pra tindakan ke siklus I 45 41 % siklus I ke siklus II sebesar 32 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan dua siklus maka peneliti menyimpulkan bahwa manfaat membaca terstruktur di perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan bagi siswa kelas IV SDN Tempuran I tahun pelajaran 2008 / 2009. Dengan demikian disarankan bagi guru untuk (1) Memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia kompetensi dasar menceritakan kembali isi bacaan (2) Memanfaatkan perpustakaan untuk melakukan penelitian pada bidang studi Bahasa Indonesia untuk kompetensi dasar yang lain (3) Memanfaatkan perpustakaan untuk melakukan penelitian pada bidang studi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102679

Actions (login required)

View Item View Item