Peningkatan hasil belajar membaca cepat melalui teknik trifokus Steve Snyder di kelas V SDN Kedungbanteng I Kabupaten Blitar / Winarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar membaca cepat melalui teknik trifokus Steve Snyder di kelas V SDN Kedungbanteng I Kabupaten Blitar / Winarsih

Winarsih (2010) Peningkatan hasil belajar membaca cepat melalui teknik trifokus Steve Snyder di kelas V SDN Kedungbanteng I Kabupaten Blitar / Winarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarsih 2009. Peningkatan Hasil Belajar Membaca Cepat Melalui Teknik Trifokus Steve Snyder di Kelas V SDN Kedungbanteng I Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M Hum. (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata kunci membaca cepat teknik Trifokus Steve Snyder hasil belajar membaca cepat sekolah dasar. Salah satu pembelajaran membaca di SD adalah membaca cepat yang artinya suatu teknik membaca dengan waktu sesingkat-singkatnya sekaligus mam-pu memusatkan perhatian terhadap suatu informasi yang ada dalam teks dan mam-pu menginterprestasikannya. Permasalahan yang terjadi di sekolah adalah hasil belajar membaca cepat siswa kelas V masih kurang yaitu kecepatan efektif mem-bacanya masih kurang dari 100 kata per-menit (kpm) yakni rata-rata 95 kpm dan ketuntasan klasikal/kelas hanya mencapai 55% dari jumlah siswa dalam satu kelas yang telah mencapai ketuntasan. Rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar membaca cepat siswa kelas V SDN Kedungbanteng I yang mencakup keterampilan proses KEM dan keterampilan produk. Subyek penelitian sejumlah 11 orang siswa.Teknik pe-ngumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi selama proses pembe-lajaran. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus melalui tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar observasi dan dokumentasi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2008 siklus II tanggal 4 Juni 2008 dan siklus II tanggal 11 Juni 2008. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut nilai hasil belajar membaca cepat secara klasikal mengalami peningkatan dari 71 2% pra tindakan pada siklus I menjadi 76 3% setelah tindakan (menggunakan teknik Trifokus Steve Snyder) pada siklus II dan 82 % pada siklus III. Dan untuk ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yakni dari 27 3% pra tindakan pada siklus I menjadi 54 6% setelah tindakan pada siklus II dan 73% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pene-rapan Teknik Trifokus Steve Snyder pada pembelajaran membaca cepat dengan pendekatan komunikatif penggunaan metode yang bervariasi media yang sesuai materi dan memberikan motivasi pada siswa serta meningkatkan konsentrasi siswa dapat meningkatkan aktifitas kreatifitas interaksi siswa maupun guru dan hasil belajar membaca cepat siswa. Dan disarankan juga agar guru hendaknya menerapkan teknik tersebut dalam mengajarkan materi membaca cepat sehingga dapat meningkatkan dan mencapai hasil belajar maupun ketuntasan klasikal yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102678

Actions (login required)

View Item View Item