Pemberian penguatan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tempuran II Kecamatan Pasrepan / Wiji Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian penguatan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tempuran II Kecamatan Pasrepan / Wiji Astuti

Astuti, Wiji (2010) Pemberian penguatan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Tempuran II Kecamatan Pasrepan / Wiji Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Wiji. 2009. Pemberian Penguatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Tempuran II Kecamatan Pasrepan.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarno M.Pd (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum Kata Kunci penguatan hasil belajar matematika Siswa yang memiliki semangat belajar yang tinggi akan memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Jika siswa belajar tidak disertai semangat belajar yang tinggi maka ia akan belajar di dalam keadaan yang kurang menyenagkan sehingga ada kemungkinan hasil belajarnya menurun. Salah satu karakteristik siswa adalah senang jika dipuji. Pujian merupakan salah satu bentuk penguatan. Siswa membutuhkan penguatan dalam belajar karena penguatan merupakan penghargaan yang dapat menimbulkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui jenis pemberian penguatan yang digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat (2) untuk mengetahui pemberian penguatan dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat. Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Tempuran II Kecamatan Pasrepan tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 18 siswa. Data dikumpulkan melalui tes observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kwalitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran tindakan I guru cenderung menberi penguatan verbal. Skor rata-rata siswa setelah tindakan adalah 76 67. Ketuntasan kelas baru tercapai 55 55% Pembelajaran tindakan II guru memberi penguatan yang seimbang antara jenis verbal dan non verbal. Skor rata-rata siswa setelah tindakan adalah 86 11. Standar ketuntasan kelas dapat tercapai 94 44%. Jadi pemberian penguatan jenis verbal dan non verbal yang digunakan guru dalam pembelajaran terbukti dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV. Pemberian penguatan kepada siswa ternyata dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN Tempuran II terbukti dari hasil belajar dari pra tindakan ke tindakan I mengalami peningkatan 44 44% dan hasil belajar tindakan I ke tindakan II mengalami peningkatan sebesar 38 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pemberian penguatan jenis verbal dan non verbal yang digunakan guru dalam pembelajaran terbukti dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN Tempuran II (2) Pemberian penguatan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV SDN Tempuran II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru memberikan penguatan verbal dan non verbal dalam pembelajaran matematika. Perlu juga dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pemberian penguatan dengan hanya menggu nakan jenis penguatan verbal saja pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102677

Actions (login required)

View Item View Item