Triwahyuningsih, Laila (2009) Penggunaan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memecahkan soal-soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas I SDN Nguling 01 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Laila Triwahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Belajar matematika bukan hanya berhadapan dengan teori dan konsep saja. Melainkan harus melakukan sesuatu mengetahui dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok soal cerita 75% nilai siswa di bawah standar ketuntasan belajar 65. Rendahnya nilai siswa disebabkan pembelajaran kurang bervariasi sehingga peneliti membuat pembelajaran supaya lebih menarik. Kondisi tersebut menyebabkan konsep yang diajarkan tidak dapat dicerna oleh siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Nguling 01 dalam memecahkan masalah soal-soal cerita mata pelajaran matematika maka digunakan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Nguling 01 dalam memecahkan masalah soal-soal cerita mata pelajaran matematika (2) penggunaan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Nguling 01 dalam memecahkan soal-soal cerita mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Nguling 01 dalam memecahkan masalah soal-soal cerita mata pelajaran matematika dilakukan dengan langkah-langkah mengorientasikan siswa pada masalah mengorganisasi siswa untuk belajar membimbing pemecahan masalah mengembangkan dan menyajikan hasil karya menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Nguling 01 Kecamatan Nguling. Hal ini terbukti bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 58 (cukup) dan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 67 3 (baik). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 80 3 (baik sekali) Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) kepala sekolah hendaknya meningkatkan layanan fasilitas pembelajaran di SD (2) guru hendaknya menggunakan PBL untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pelajaran matematika tentang soal cerita (3) Peneliti selanjutnya dalam mengadakan penelitian hendaknya meneliti hal lain yang berkaitan dengan model pembelajaran matematika selain PBL ( Problem Based Learning). Misalnya model pembelajaran Berbasis proyek/tugas pembelajaran berbasis kerja pembelajaran berbasis jasa layanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102673 |
Actions (login required)
View Item |