Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan konsep sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN Patuguran I Kecamatan Rejoso Pasuruan / Sustiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan konsep sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN Patuguran I Kecamatan Rejoso Pasuruan / Sustiyah

Sustiyah (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan penguasaan konsep sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN Patuguran I Kecamatan Rejoso Pasuruan / Sustiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu faktor pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi. Rendahnya prestasi belajar matematika salah satu penyebabnya terletak pada daya tarik siswa terhadap mata pelajaran matematika masih kurang. Anggapan yang terjadi pada kehidupan masyarakat matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit dan membingungkan terutama dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan bangun ruang.Peneliti berasumsi bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD anak akan bersemangat dan mengikuti pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan penguasaan konsep sifat-sifat bangun ruang siswa kelas V SDN. Patuguran I Kec. Rejoso. (2) Peningkatan penguasaan konsep sifat-sifat bangun ruang dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN. Patuguran I Kec. Rejoso dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN. Patuguran I Kec. Rejoso sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tehnik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN. Patuguran I. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dari nilai rata-rata pre tes dan post tes pada siklus I meningkat dari 51 6 % menjadi 68 5 %. Sedangkan pada siklus II nilai pre tes dan post tes juga meningkat menjadi 77 8 %. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari pembelajaran ini adalah a). Proses Pembelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD membuat siswa menjadi lebih berani tampil ke depan kelas dan lebih berani bertanya juga menjawab pertanyaan yang di berikan oleh guru. b). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada sifat -sifat bangun ruang siswa kelas V telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN. Patuguran I yang ditunjukkan dari nilai rata-rata pada siklus I yaitu 68 5 % menjadi 77 8 % pada siklus II terjadi peningkatan 9 3%. Juga terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu a) kerjasama A 64 5% B 35 3% dan C 0% b) keberanian A 47 6% B 42 3% C 9 3% c) aktivitas A 70 8% B 25% dan C 4 1% d) ketepatan A 37 5% B 30 1% dan C 33 3%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Guru dalam pembelajaran hendaknya memilih pembelajaran yang efektif bagi siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD agar tujuan belajar matematika tercapai. (2) Sekolah hendaknya mengembangkan penelitian ini pada kelas-kelas lain di SDN Patuguran I secara berkesinambungan. (3) Untuk guru mata pelajaran lain yang memiliki karakteristik materi yang hampir sama dengan matematika misalnya IPA juga mencoba melakukan penelitian tindakan ini sebagai upaya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102670

Actions (login required)

View Item View Item