Hubungan kemampuan literasi informasi dengan minat baca peserta didik di Perpustakaan SMP Negeri 6 Malang / Darista Yusna Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan literasi informasi dengan minat baca peserta didik di Perpustakaan SMP Negeri 6 Malang / Darista Yusna Pratiwi

Pratiwi, Darista Yusna (2018) Hubungan kemampuan literasi informasi dengan minat baca peserta didik di Perpustakaan SMP Negeri 6 Malang / Darista Yusna Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Darista Yusna Pratiwi. 2018.Hubungan Kemampuan Literasi Informasi Dengan Minat Baca Peserta Didik di Perpustakaan SMP Negeri 6 Malang . Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hj.Titik Harsiati M.Pd (II) Setiawan S.Sos M.IP Kata Kunci literasi informasi minat baca sekolah Peserta didik di SMP Negeri 6 Malang telah melaksanakan program Gerakan Literasi Sekolah yang silaksanakan setiap hari jam ke 0 sebelum pelajaran belajar mengajar berlangsung dengan tujuan meningkatkan kemampuan berliterasi dengan berliterasi maka peserta didik secara otomatis akan juga mempunyai minat baca yang tinggi. Dalam kegiatan tersebut peserta didik bisa memilih semua jenis bacaan tidak hanya buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan minat baca di sekolah. Pada institusi pendidikan salah satu pengembangan yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkan dan meningkatkan minat baca peserta didik sejak dini semakin meningkatnya minat baca maka peserta didik akan mampu mencari mengevaluasi dan menggunakan informasi yang dibutuhkan secara efektif. Ditunjang dengan minat baca yang tinggi maka akan menjadi masyarakat yang literat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui 3 hal yaitu (1) kemampuan literasi informasi peserta didik (2) minat baca peserta didik (3) hubungan kemampuan literasi informasi dengan minat baca peserta didik. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Objek penelitian ini adalah minat baca peserta didik di SMP Negeri 6 Malang sedangkan populasinya adalah semua peserta didik SMP negeri 6 Malang yang diambil secara acak. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan metode random sampling. Adapun analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah teknik analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang cukup kuat antara literasi informasi dengan minat baca. Kemampuan Literasi Informasi terdiri dari rata rata 63 75 dan frekuensi hasil tergolong rendah dengan hasil 55% dari 100%. Minat Baca terdiri dari rata rata 60 36 dan frekuensi hasil tergolong rendah dengan hasil 46% dari 100%. Dengan rincian hasil penelitian berdasarkan pedoman intepretasi koefisien korelasi terdapat hubungan yang signifikasi antara literasi informasi dengan minat baca sebesar 0 635 yang termasuk dalam kategori kuat. Saran dan penelitian seharusnya sekolah atau pengajar serta pustakawan dapat memanfaatkan program literasi dengan baik yaitu Gerakan Literasi Sekolah maka dapat meningkatkan minat baca sehingga menjadi masyarakat yang melek akan informasi serta dengan begitu perpustakaan akan menjadi sarana yang sangat berpengaruh di SMP Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item