Penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sungiwetan Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Makruf Suroso - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sungiwetan Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Makruf Suroso

Suroso, Makruf (2009) Penerapan pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sungiwetan Kecamatan Pohjentrek Kabupaten Pasuruan / Makruf Suroso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa adat istiadat suku dan budaya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Sungiwetan yang mencakup kelancaran berbicara inovasi struktur kalimat ketepatan pilihan kata kontak mata yang sesuai dengan situasi dan konteks. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 49 siswa di SDN Sungiwetan kecamatan Pohjentrek kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes observasi dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pendekatan komunikatif diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Sungiwetan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep tentang situasi dan konteks saat berbicara secara klasikal mengalami peningkatan dari 57 1% pada pra tindakan menjadi 65 9% pada siklus I. Selanjutnya menjadi 82 0% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa tes secara lisan pada siklus I diperoleh skor 51 5% dan menjadi 74 3% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa proses kegiatan belajar siswa pada siklus I diperoleh skor 51 1% dan mengalami peningkatan menjadi 74 4%. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Hal ini disimpulkan bahwa pendekatan komunikatif telah berhasil meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dalam mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Saran yang diberikan kepada guru hendaknya guru menerapkan pendekatan komunikatif dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai sehingga siswa aktif dan terampil dalam aspek berbicara untuk bercerita menanggapi cerita teman mengkomunikasikan gagasan dan pendapatnya secara lisan dan tulisan. Dengan demikian hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102667

Actions (login required)

View Item View Item