Meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda melalui metode discovery pada siswa kelas V SDN Tundosoro Kabupaten Pasuruan / Sri Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda melalui metode discovery pada siswa kelas V SDN Tundosoro Kabupaten Pasuruan / Sri Astutik

Astutik, Sri (2009) Meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda melalui metode discovery pada siswa kelas V SDN Tundosoro Kabupaten Pasuruan / Sri Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar antara lain mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA yang dilakukan di SDN Tundosoro selama ini menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang pasif tidak mampu mengingat konsep yang telah dipelajari sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pre test yang dicapai 55 83 dengan 16 siswa (53%) mencapai ketuntasan dan 14 siswa (47%) belum mencapai ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peningkatan pemahaman konsep perubahan benda pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode discovery (2) Tanggapan guru mengenai penerapan metode discovery dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Tundosoro. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tundosoro yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen penelitian ini adalah RPP pedoman observasi LKS dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda pada siswa kelas V SDN Tundosoro. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes tulis pada siklus I mencapai 62 7 dan meningkat menjadi 77 pada siklus II. Dari hasil observasi terdapat temuan lain yaitu penerapan metode discovery dalam pembelajaran IPA menjadikan siswa aktif bekerja sama dalam kelompok berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain serta menimbulkan rasa ingin tahu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dalam pembelajaran IPA telah terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda pada siswa kelas V SDN Tundosoro. (1) Saran kepada guru hendaknya menggunakan metode yang memberikan kebebasan belajar untuk menemukan konsep-konsep IPA (2) kepada peneliti lain disarankan menggunakan metode pembelajaran discovery pada mata pelajaran lain sehingga diperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102665

Actions (login required)

View Item View Item