Martaning, Andika (2009) Pemanfaatan media neraca bilangan untuk meningkatkan hasil belajar operasi perkalian bilangan siswa kelas II SD Negeri Tundosoro Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Andika Martaning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika merupakan salah satu pendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Rendahnya hasil belajar matematika salah satu penyebabnya adalah daya tarik siswa terhadap mata pelajaran matematika masih kurang. Asumsi yang didapat bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membingungkan terutama dalam menyelesaikan soal-soal perkalian. Peneliti berasumsi bahwa dengan media neraca bilangan siswa akan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika tentang operasi perkalian bilangan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran media neraca bilangan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi perkalian bilangan siswa kelas II SDN Tundosoro (2) peningkatan hasil belajar matematika operasi perkalian bilangan siswa kelas II SDN Tundosoro setelah dilaksanakan pembelajaran matematika menggunakan media neraca bilangan . Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini ialah siswa kelas II SDN Tundosoro sebanyak 30 siswa.. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media neraca bilangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Tundosoro dilakukan dengan cara siswa mengisi lembar tes akhir tentang operasi perkalian kemudian ditukar dengan teman lain dan siswa yang ditunjuk maju untuk mempraktekkan dengan menggunakan media neraca bilangan. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest dan postest pada siklus I meningkat dari 5 2 menjadi 6 76. sedangkan pada siklus II ditunjukkan dari nilai postest pada siklus II meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 6 76 menjadi 8 5. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran menggunakan media neraca bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi perkalian bilangan siswa kelas II SDN Tundosoro (2) peningkatan hasil belajar dapat di lihat dari nilai rata-rata pretest dan postest pada siklus I meningkat dari 5 2 menjadi 6 76. Sedangkan nilai postest pada siklus II juga meningkat dibanding pada siklus I yaitu dari 6 76 menjadi 8 5. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) guru dalam pelajaran matematika hendaknya menggunakan media pembelajaran yang efektif bagi siswa yaitu media neraca bilangan agar tujuan belajar matematika tercapai (2) sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjung pelaksanaan pembelajaran matematika dengan media pembelajaran (3) peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102664 |
Actions (login required)
View Item |