Pemanfaatan kubus satuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran volume balok siswa kelas V SDN Kedawung Wetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dwi Sri Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan kubus satuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran volume balok siswa kelas V SDN Kedawung Wetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dwi Sri Astutik

Astutik, Dwi Sri (2010) Pemanfaatan kubus satuan untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran volume balok siswa kelas V SDN Kedawung Wetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Dwi Sri Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astutik D.S. Pemanfaatan Kubus Satuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Volume Balok Siswa Kelas V SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Sumanto M.Pd. (2) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kubus Satuan. Pengukuran Volume Hasil Belajar SD Hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan jarang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 75%. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan media sangat tepat dan dianjurkan sebagai alternative proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pemanfaatan kubus satuan dalam pembelajaran volume balok pada siswa kelas V SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pengukuran volume dengan menggunakan kubus satuan di SDN Kedawungwetan IV Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedawungwetan IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara pengamatan guru dan postes. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada pra tindakan rata-rata kelas 21 95 dengan ketuntasan belajar 4 9%. Pada siklus I mencapai rata-rata kelas 66 dengan ketuntasan belajar 60 5% sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 99 sehingga ketuntasan belajar kelas mencapai 100%. Kesimpulan dari penlitian ini yaitu penggunaan kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pra tindakan mendapat rata-rata 21 95 dengan ketuntasan belajar 4 9% menjadi 66 dengan ketuntasan belajar 60 5% pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan lagi pada siklus II menjadi 99 dengan ketuntasan 100%. Kesulitan yang dialami peneliti selama penelitian tindakan kelas tentang penggunaan kubus satuan pada pengukuran volume balok media yang diugunakan siswa kurang menyeluruh sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan media pada pembelajaran matematika dengan demikian siswa dapat mengembangkan potensi diri. Alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media perlu diperhatikan karena hal itu yang menentukan keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102661

Actions (login required)

View Item View Item