Penerapan pendekatan daur belajar )Learning cycle) untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Suberjo Kulon II Ngunut Tulungagung / Nina Sayyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan daur belajar )Learning cycle) untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Suberjo Kulon II Ngunut Tulungagung / Nina Sayyidah

Sayyidah, Nina (2009) Penerapan pendekatan daur belajar )Learning cycle) untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Suberjo Kulon II Ngunut Tulungagung / Nina Sayyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sayyidah Nina. 2009. Penerapan Pendekatan Daur Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III di SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasih D.S. M.Pd. (II) Dra. Lilik Bintartik M. Pd. Kata kunci pendekatan daur belajar hasil belajar. Hasil diskusi dengan guru kelas III dan observasi pendahuluan sebelum melaksanakan penelitian ini memberi informasi bahwa hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung kurang dari rata-rata karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih monoton. Guru menggunakan metode yang kurang bervariasi dalam pembelajaran. Dalam pendidikan IPA diharapkan proses pembelajarannya lebih menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung agar kompetensi siswa dapat berkembang dan dapat memahami alam sekitar secara ilmiah. Karena itu diperlukan perubahan pembelajaran dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Penerapan Pendekatan Daur Belajar (Learning Cycle) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III di SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran daur belajar 5 fase. Dengan pendekatan ini siswa akan dapat mengurangi ketergantungannya kepada guru dalam mendapatkan pengalaman belajarnya dan melatih siswa menggali serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yang tidak ada habisnya. Rumusan masalah dalam PTK ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan daur belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan daur belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas III di SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara angket dan tes. Sasaran penelitian adalah siswa kelas III SDN Sumberjo Kulon II Ngunut Tulungagung dengan jumlah siswa 25 anak. Tiga macam data temuan penelitian ini adalah (1) hasil belajar IPA (2) hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia IPS dan PKn yang diintegrasikan dalam pembelajaran tematik dan (3) data proses belajar siswa dengan pendekatan daur belajar (learning cycle). Rata-rata hasil belajar IPA pada tahap pra tindakan yaitu 48 00 sedangkan hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu 76 16. Rata-rata hasil belajar IPA pada siklus 1 yaitu 70 40 sedangkan hasil belajar IPS yaitu 76 84. Rata-rata hasil belajar IPA pada siklus 2 yaitu 85 20 sedangkan hasil belajar PKn yaitu 87 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan daur belajar (learning cycle) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberjo Kulon II dan disarankan kepada guru untuk menerapkan pendekatan daur belajar (learning cycle) di kelas yang lain atau pada mata pelajaran yang lain dan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102660

Actions (login required)

View Item View Item