Penerapan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu / Usnindra Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu / Usnindra Utami

Utami, Usnindra (2010) Penerapan model permainan berbasis teori dienes untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu / Usnindra Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami U. 2009. Penerapan Model Permainan Berbasis Teori Dienes untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan KSDP. Program S1 PGSD. Pembimbing (1) Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (2) Drs. Suhartono S.Pd. Kata Kunci Model Permainan Teori Dienes Konsep Perkalian Kelas II SD Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model permainan berbasis teori Dienes pada pokok bahasan perkalian di kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu (2) Mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep perkalian setelah diterapkan model permainan berbasis teori Dienes pada siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu dan (3) Mendeskripsikan rasa senang setelah diterapkan model permainan berbasis teori Dienes pada siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus melalui 4 tahapan yang dikemukakan oleh Kurt Lewin antara lain (1) planning (2) acting (3) observing dan (4) reflecting. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas II B SDN Dadaprejo 01 Malang dengan jumlah 29 orang. Data dalam penelitian ini diambil dari hasl tes hasil observasi dan hasil catatan lapangan. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Penerapan model permainan berbasis teori Dienes pada pokok bahasan perkalian di kelas II B SDN Dadaprejo 01 Batu menggunakan lima tahapan teori Dienes antara lain (a) tahap bermain bebas (free play) (b) tahap permainan (games) (c) tahap penelaahan kesamaan sifat (searching for communities) (d) tahap representasi (representation) dan (e) tahap simbolisasi (symbolism) (2) Pemahaman konsep perkalian siswa kelas II B setelah diberikan tindakan dengan penerapan model permainan berbasis teori Dienes meningkat yang terlihat dari peningkatan persentase keberhasilan siswa sebesar 31 % dari pra tindakan ke tindakan siklus I dan 28 % dari siklus I ke siklus II (3) Siswa kelas II B merasa senang mengikuti pembelajaran konsep pekalian dengan penerapan model permainan berbasis teori Dienes yang terlihat dari perubahan sikap siswa ketika mengikuti pembelajaran. Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) Pembelajaran dengan model permainan berbasis teori Dienes yang menggunakan 5 tahapan teori Dienes layak dipertimbangkan menjadi bentuk pembelajaran alternatif untuk konsep perkalian karena siswa kelas rendah sekolah dasar masih menyukai permainan (2) Bagi guru disarankan hendaknya menerapkan model permainan berbasis teori Dienes pada pokok bahasan perkalian untuk siswa kelas II selanjutnya (3) Bagi peneliti lain akan menerapkan model permainan berbasis teori Dienes pada pokok bahasan perkalian siswa kelas II disarankan untuk (a) Menggunakan media benda konkret pada setiap siklus (b) Menggunakan media benda konkret bermacam-macam agar rasa senang siswa tetap terjaga dan (c) Membatasi kegiatan siswa tanpa mematikan kreativitas siswa untuk berkreasi menemukan pengetahuan baru pada setiap tahap permainan yang dilalui untuk menjaga alokasi waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102659

Actions (login required)

View Item View Item