Penggunaan media terrarium untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Nguling 02 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Khodiatus Suaibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media terrarium untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Nguling 02 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Khodiatus Suaibah

Suaibah, Khodiatus (2009) Penggunaan media terrarium untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Nguling 02 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Khodiatus Suaibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suaibah Khodiatus. 2009. Penggunaan Media Terrarium untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN Nguling 02 Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kepenidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.I Wayan Sutama M.Pd. (II) Dra. Wiwik Dwi Astutik M.Pd. Kata kunci media terrarium hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi pokok mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan sebagian besar nilai standar ketuntasan belajar 6 5. Hal ini ditunjukka dari 28 siswa 21 siswa mempunyai nilai dibawah standar ketuntasan belajar yaitu 5 7 sedangkan 7 siswa nilainya sudah memenuhi standar ketuntasan belajar. Rendahnya nilai siswa disebabkan (1) guru cenderung mendominasi kelas dengan metode ceramah dan tidak menggunakan media sehingga siswa lebih banyak diam mendengarkan atau pura-pura mendengakan (2) tidak menciptakan lingkungan belajar yang kondusif menyenangkan dan tidak terciptanya interaksi pembelajaran. Kondisi tersebut menyebabkan konsep yang diajarkan tidak dapat dicerna oleh siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Nguling 02 maka digunakan media terrariumdalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan media terrarium di kelas II SDN Nguling 02 (2) penggunaan media terrarium dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN Nguling 02 (3) penggunaan media terrarium dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas II SDN Nguling 02 Kabupaten Pasuruan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas II SDN Nguling 02 sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan media terrarium di kels II SDN Nguling 02 dilakukan dengan langkah-langkah (1) guru melakukan kegiatan awal antara lain membuka pelajaran apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran (2) guru membagi kelompok belajar (3) siswa melakukan pengamatan hewan dalam media terrarium dan diskusi kelompok (4) Siswa dan guru diskusi kelas (5) guu memberikan pemantapan dan menyimpulkan hasil pembelajaran (6) siswa mengerjakan tes (7) guru memberikan umpan balik dan menutup pelajaran. Penggunaan media terrarium dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pratindakan (5 7) siklus I (6 7) dan siklus II (8 1) Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran sehingga dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran (2) guru dalam kegiatan pembelajaran IPA yang berkaitan dngan makhluk hidup yang berukuran kecil hendaknya menggunakan media terrarium dalam pembelajaran (3) mengingat pelaksanaan penelitian ini belangsung pada satu sekolah saja maka peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan pada beberapa sekolah lain untuk medapatkan temuan yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102654

Actions (login required)

View Item View Item