Peningkatan pemahaman konsep IPA melalui pendekatan diskoveri terbimbing pada siswa kelas V MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Dwi Jayatri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep IPA melalui pendekatan diskoveri terbimbing pada siswa kelas V MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Dwi Jayatri

Jayatri, Dwi (2010) Peningkatan pemahaman konsep IPA melalui pendekatan diskoveri terbimbing pada siswa kelas V MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek / Dwi Jayatri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jayatri Dwi. 2009. Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Pendekatan Diskoveri Terbimbing pada Siswa Kelas V MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasih DS M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci diskoveri terbimbing pemahaman konsep learning by doing sains sekolah dasar. IPA merupakan serangkaian ilmu pengetahuan yang berhubungan lang-sung dengan kehidupan manusia dan alam semesta. Pendidikan IPA harus berori-entasi pada pengembangan kemampuan berpikir dan berkomunikasi penanaman nilai-nilai etika dan estetika dan pengembangan sikap kemandirian ketelitian kritis serta bertanggung jawab. Untuk itu pembelajaran IPA di sekolah harus memberikan pemahaman yang mendalam terhadap konsep yang baru dipelajari siswa. Pendekatan diskoveri terbimbing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA. Pembelajar-an dengan pendekatan diskoveri terbimbing merupakan pembelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini siswa dapat belajar melalui pengalaman langsung (Learning by doing) sehing-ga dapat memperkuat daya ingat siswa. Siswa diberi kesempatan untuk menemu-kan sendiri atas rasa keingintahuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap (1) pening-katan kemampuan dalam menggunakan alat dan bahan percobaan (2) peningkatan kemampuan dalam melakukan percobaan (3) peningkatan kemampuan dalam me-lakukan pengamatan (4) peningkatan kemampuan dalam mencatat data hasil percobaan (5) peningkatan kemampuan dalam mengolah data hasil percobaan (6) peningkatan kemampuan dalam menarik kesimpulan (menemukan konsep sendiri) berdasarkan data (7) kemampuan pemahaman konsep IPA dan (8) peningkatan pemahaman konsep IPA. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan rancangan penelitian yang akan digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi data keterlaksanaan pendekatan diskoveri terbimbing pada tiap siklus data aktivitas siswa data pemahaman konsep IPA dan data peningkatan pemahaman konsep IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan diskoveri terbimbing dapat (1) Meningkatkan kemampuan dalam menggunakan alat dan bahan percobaan. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 33 3%. Persentase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 66 7% (2) Me-ningkatkan kemampuan dalam melakukan percobaan. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 66 7%. Persentase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33 3% (3) Meningkatkan kemampuan dalam melakukan penga-matan. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 33 3%. Per-sentase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 66 7% (4) Meningkatkan kemampuan dalam mencatat data hasil percobaan. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 33 3%. Persentase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33 4% (5) Meningkatkan kemampuan dalam mengolah data hasil per-cobaan. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 33 3%. Per-sentase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33 4% (6) Meningkatkan ke-mampuan dalam menarik kesimpulan (menemukan konsep sendiri) berdasarkan data. Persentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 66 7%. Persen-tase peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0% (7) Meningkatkan pema-haman konsep IPA pada tiap siklus. Pada pra tindakan skor rata-rata kelas sebesar 58. Siklus 1 rata-rata kelas sebesar 75. Sedangkan pada siklus 2 rata-rata kelas se-besar 85 dan (8) Meningkatkan persentase pemahaman konsep IPA siswa. Per-sentase peningkatan dari pra tindakan ke siklus 1 sebesar 17%. Persentase pening-katan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 10%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102653

Actions (login required)

View Item View Item