Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Sampirno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Sampirno

Sampirno (2009) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Sampirno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sampirno. 2009. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Bacaan Siswa Kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. Kata kunci media gambar kemampuan memahami isi bacaan SD. Membaca merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dalam dunia pendidikan keterampilan membaca merupakan dasar untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan menunjang keberhasilan semua mata pelajaran. Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang menunjukkan bahwa 75% siswa mengalami kesulitan dalam membaca tanpa bantuan media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan masih terdapat siswa yang masih belum bisa menjawab pertanyaan dari sebuah bacaan. Salah satu strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah penggunaan media gambar alat musik . Diharapkan dengan bantuan media pembelajaran tersebut kemampuan membaca siswa dapat mencapai standar kompetensi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keefektifan penggunaan media gambar alat musik terhadap hasil pembelajaran memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang. (2) hasil penggunaan media gambar alat musik dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Subjek penelitian ini ialah siswa kelas III SDN Lumbang 03 sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar alat musik di kelas III SDN Lumbang 03 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan dapat meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata kemampuan membaca siswa pada pratindakan (57) siklus I (67) dan siklus II (81). Selain itu penggunaan media gambar alat musik lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca siswa kelas III karena dengan adanya media gambar siswa lebih cepat memahami isi bacaan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran sehingga dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran (2) guru dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang berkaitan dengan memahami isi bacaan hendaknya menggunakan media gambar dalam pembelajaran (3) Peneliti selanjutnya dalam mengadakan penelitian hendaknya meneliti hal lain yang berkaitan dengan media pembelajaran Bahasa Indonesia selain media gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102652

Actions (login required)

View Item View Item