Penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Podokoyo II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Yuni Kristanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Podokoyo II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Yuni Kristanti

Kristanti, Yuni (2009) Penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Podokoyo II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Yuni Kristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristanti Yuni. 2009. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Podokoyo II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kepenidikan Sekolah dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Moch. Sochib M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif STAD hasil belajar IPA Pendidikan yang berkualitas memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus menerus dikembangkan. Di sekolah ilmu dan teknologi diajarkan pada mata pelajaran IPA. Dalam pembelajaran IPA siswa kurang aktif karena guru tidak melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat malas mengikuti pembelajaran. Dampaknya terlihat pada hasil belajar siswa yang relatif rendah. Peneliti berasumsi bahwa dengan pembelajaran kooperatif model STAD siswa akan aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Podokoyo II (2) aktivitas belajar siswa kelas V SDN Podokoyo II dalam pembelajaran kooperatif model STAD (3) kemampuan guru kelas V SDN Podokoyo II dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD (4) tanggapan guru kelas V SDN Podokoyo II terhadap pembelajaran kooperatif (STAD) (5) tanggapan siswa kelas V SDN Podokoyo II terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model STAD. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Podokoyo II sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Instrumen yang digunakan adalah tes lembar observasi angket dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan guru dan aktivitas siswa kelas V SDN Podokoyo II Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dari nilai rata-rata pratindakan sebesar 57 meningkat pada siklus I sebesar 69 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85. Rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 29 91% (cukup) meningkat menjadi 66 29% (baik). Kemampuan guru pada siklus I adalah skor pelaksanaan RPP sebesar 25 dengan nilai 56 8 dan skor pelaksanaan pembelajaran sebesar 42 dengan nilai 61 8 dan pada siklus II meningkat skor RPP menjadi 38 dengan nilai 86 4 dan skor pelaksanaan pembelajaran menjadi 59 dengan nilai 86 8. Pembelajaran kooperatif mendapat respon positif dari guru dan siswa. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa aktivitas siswa dan kemampuan guru kelas V SDN Podokoyo II serta mendapat respon positif dari guru dan siswa merasa senang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) guru pembelajaran IPA hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif model STAD (2) sekolah hendaknya menyediakan perlengkapan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran IPA melalui kegiatan pembelajaran kooperatif model STAD (3) peneliti selanjutnya untuk melanjutkan tindakan ini dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran lebih tepat yang memunculkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102650

Actions (login required)

View Item View Item