Ida, Fariha Nur (2011) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model project based learning pada siswa kelas V SDN Jingglong 01 Sutojayan Kabupaten Blitar / Fariha Nur Ida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Project Based Learning deskripsi menulis Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang terpadu ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut tulisan. Berdasarkan observasi awal pada siswa kelas V SDN Jingglong 01 dalam pembelajaran menulis deskripsi materi ini termasuk sulit dikuasai oleh siswa SD karena siswa merasa kesulitan menuangkan ide pikiran perasaan informasi dan gagasan secara tertulis. Oleh karena itu perlu proses pembelajaran yang dapat menciptakan situasi pembelajaran yang bervariasi dan meningkatkan peran serta siswa sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis deskripsi. Salah satunya melalui penerapan model Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui model Project Based Learning yang dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V. Sehingga nantinya dapat dilihat sejauh mana pembelajaran melalui model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jingglong 01 sebanyak 27 siswa. Adapun data diperoleh dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran menulis deskripsi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari (1) observasi (2) hasil tes yang meliputi tes awal sebelum tindakan dan tes akhir setelah tindakan (3) angket siswa dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada siklus I sebesar 64 81% siswa dinyatakan tuntas belajar dan 35 18% siswa tidak tuntas belajar (2) siswa tidak terbiasa mengerjakan tugas secara berkelompok (3) siswa lebih menyukai pembelajaran secara kontekstual dan (4) siswa lebih terampil dalam menulis dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca secara tepat melalui kegiatan terbimbing secara langsung sehingga siswa dapat segera memperbaiki kesalahan. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil bahwa (1) sebesar 77 78% siswa dinyatakan tuntas belajar dan 22 22% siswa tidak tuntas belajar hasil tersebut menunjukkan bahwa tindakan pada siklus II telah berhasil (2) terjadi peningkatan keaktifan siswa dan (3) melalui bimbingan oleh peneliti serta pengawasan yang dibantu oleh observer pengamatan objek secara langsung di luar kelas dapat dilaksanakan dengan baik dan terkendali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102648 |
Actions (login required)
View Item |