Penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo kulon I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Maftuhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo kulon I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Maftuhadi

Maftuhadi (2010) Penerapan metode discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SDN Oro-Oro Ombo kulon I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan / Maftuhadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Oro-oro Ombo Kulon I merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Pasuruan. Tepatnya terletak di Dusun Selotumpang Desa Oro-oro ombo kulon Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Dari hasil wawancara dengan guru Kelas V SDN Oro-oro Ombo Kulon I terdapat permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran IPA diantaranya siswa sulit memahami materi yang disampaikan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA semester I tahun pelajaran 2008/2009 dengan nilai rata-rata kelas hanya 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode discovery melalui penelitian tindakan kelas. Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas V di SDN Oro-oro Ombo Kulon I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap tiap siklus melalui beberapa tahapan yaitu Planning/Perencanaan Acting/Tindakan Obsevasi dan Reflect/Refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Oro-oro Ombo Kulon I dengan jumlah siswa 20. Pelaksanaan tindakan mulai tanggal 19 Maret sampai 9 April 2009 melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Oro-oro Ombo Kulon I. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pre tes siswa sebelum dilaksanakan tindakan hanya 44 setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa menjadi 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 80 5. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 60% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Penerapan metode discovery dalam proses pembelajaran juga berdampak positif terhadap aktifitas belajar siswa. Rata-rata skor aktifitas siswa pada siklus I adalah 64 9 sedang rata-rata skor aktifitas siswa pada silus II adalah 77 5. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Oro-oro Ombo Kulon I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102646

Actions (login required)

View Item View Item