Peningkatan hasil belajar PKn materipokok sistem pemerintahan Kabupaten dan kota dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Tri Ajeng Muliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn materipokok sistem pemerintahan Kabupaten dan kota dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Tri Ajeng Muliyanti

Muliyanti, Tri Ajeng (2010) Peningkatan hasil belajar PKn materipokok sistem pemerintahan Kabupaten dan kota dengan menggunakan peta konsep pada siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun kota Malang / Tri Ajeng Muliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ajeng Tri Muliyanti. 2009. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten Dan Kota Menggunakan Peta Konsep Pada Siswa Kelas IV di SDN Karangbesuki 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S. Pd M. Si (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.si Kata Kunci Hasil Belajar PKn Peta Konsep Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota. Pembelajaran Kewarganegaraan dewasa ini sering dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bahkan pada umumnya nilai mata pelajaran PKn kurang memuaskan. Hal ini terbukti dari observasi awal peneliti dalam proses pembelajaran PKn di kelas IV SDN Karangbesuki 1 Malang menemukan fakta bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Itu disebabkan karena guru dalam pembelajaran di kelas hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan yang monoton sehingga membuat siswa jenuh dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peta konsep merupakan cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak dan untuk mengambil informasi dari otak. Cara belajar menggunakan bantuan peta konsep merupakan cara untuk meningkatkan hasil belajar. Selain itu peta konsep dapat membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang diperoleh karena tidak hanya sekedar hafalan melainkan betul-betul mengidentifikasikan konsep yang diperoleh. Rumusan penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan peta konsep dengan materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Malang (2) Apakah peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Malang. Berdasarkan rumusan masalah penelitian adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan peta konsep dengan materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki Malang. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan peta konsep dengan materi pokok Sistem Pemerintahan Kabupaten dan Kota di kelas IV SDN Karangbesuki Malang. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Malang sebanyak 35 siswa. Penelitian ini diawali dengan melakukan observasi awal yang bertujuan untuk memperoleh gambaran awal yang berkaitan dengan cara guru mengajar mata pelajaran PKn. Hasil yang diperoleh melalui observasi awal kepada siswa menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa adalah 60 60 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 45 dimana siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) masih ada 14 siswa (40%) dan hanya 21 siswa (60%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Perbaikan yang dilakukan melalui PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar. Setelah diberikan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 68.77 namun ada 15 anak (43%) yang belum mencapai ketuntasan sehingga peneliti melanjutkan untuk memberikan tindakan pada siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75.64. Berdasarkan hasil peneliti dapat disarankan kepada para guru siswa dan peneliti selanjutnya adalah (1) Bersumber dari peta konsep ini hendaknya guru dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasi pembelajaran yang menunjang mutu pendidikan (2) Penelitian Tindakan Kelas ini perlu dikembangkan lebih lanjut (menilai aspek afektif dan psikomotorik) melalui tindakan serupa karena peta konsep terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102644

Actions (login required)

View Item View Item