Nelasari, Dita (2011) Peningkatan pemahaman konsep masalah sosial melalui metode inkuiri sosial pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN IV Sumberagung Kabupaten Tulungagung / Dita Nelasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemahaman konsep masalah sosial inkuiri sosial. Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas pembelajaran di kelas IV SDN IV Sumberagung Kabupaten Tulungagung yang belum sesuai KTSP. Karena proses pembelajaran guru sangat tergantung pada penggunaan buku teks terpusat pada guru belum memanfaatkan lingkungan nyata disamping itu keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran juga masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dari sikap para siswa yang kurang aktif kurang senang dan pemahaman terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya relatif rendah. Karena dari 12 siswa ketuntasan belajar yang diperoleh secara klasikal hanya 25%. Tujuan penelitian ini diantaranya adalah 1) mendeskripsikan penerapan metode inkuiri sosial dalam meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN IV Sumberagung dan 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep masalah sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN IV Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi 1) tes 2) observasi dan 3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode inkuiri sosial dapat meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial bagi siswa kelas IV SDN IV Sumberagung. Peningkatan pemahaman tersebut ditandai dengan meningkatnya keterampilan siswa dalam aspek menyusun pertanyaan melakukan wawancara dan menyusun laporan hasil wawancara yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Rekapitulasi pemahaman konsep yang diperoleh siswa pada siklus I sebanyak 72% dan siklus II sebanyak 88% hal ini menunjukkan peningkatan sebanyak 16%. Tetapi secar individual terdapat satu siswa atau 8% yang belum tuntas karena ada kelainan berfikir. Disarankan dalam proses pembelajaran agar guru dapat mengembangkan beberapa metode diantaranya metode inkuiri sosial agar siswa lebih aktif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102643 |
Actions (login required)
View Item |