Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya magnet dengan pendekatan discovery pada siswa kelas V SDN Bendomungal II Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nurul Khoiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya magnet dengan pendekatan discovery pada siswa kelas V SDN Bendomungal II Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nurul Khoiri

Khoiri, Nurul (2011) Peningkatan hasil belajar IPA materi gaya magnet dengan pendekatan discovery pada siswa kelas V SDN Bendomungal II Kec. Bangil Kab. Pasuruan / Nurul Khoiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar pendekatan discovery gaya magnet Pendekatan Discovery merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa dalam proses penemuan konsep-konsep IPA. Melalui kegiatan ilmiah membantu siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Belajar lebih bermakna karena siswa terlibat langsung melalui pengalaman nyata. Hasil observasi awal menyatakan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan selama ini masih cenderung terpusat pada guru dengan penggunaan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa pasif dan hasil belajar rata-rata hanya mencapai 60. Untuk memperbaiki kondisi ini diperlukan perbaikan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan discovery pada pembelajaran IPA di kelas V (2) aktivitas belajar (3) hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus dilakukan melalui perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi wawancara dan tes. Analisis hasil penelitian dilaporkan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan pendekatan discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa termasuk dalam kategori cukup atau 54 16% dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik atau 70 83%. Adapun hasil belajar dari nilai 65 4 dan 70 6 di pertemuan 1 dan 2 pada siklus I meningkat menjadi 76 1 dan 84 25 pada pertemuan 3 dan 4 pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar guru berusaha menerapkan kegiatan pembelajaran yang meningkatkan keterlibatan siswa melalui pendekatan discovery. Bagi kepala sekolah terus membina dan memotivasi guru untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada aktivitas siswa. Salah satunya dengan menerapkan pendekatan discovery.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102641

Actions (login required)

View Item View Item