Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Ria Fajrin Rizqy Ana

Ana, Ria Fajrin Rizqy (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mind mapping pada siswa kelas IV SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar / Ria Fajrin Rizqy Ana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : hasil belajar, PKn, Mind Mapping Berdasarkan hasil pengamatan, model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran PKn lebih dominasi dengan menggunakan model konvensional. Sehingga siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan rata-rata yaitu 57,2. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model mind mapping mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar melalui model Mind Mapping. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran PKn Kelas IV SDN Kamulan 01 dilaksanakan dengan cara siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, guru menyampaikan konsep utama dan siswa menuliskan konsep utama, kemudian siswa membuat cabang dari konsep utama tersebut, selanjutnya membuat garis dari cabang konsep utama, memberi gambar dan warna dari Mind Map yang telah dibuat, yang terakhir masing-masing kelompok melaporkan hasil Mind Map yang telah dibuat di depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kamulan 01 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I Pertemuan I Ketuntasan hasil belajar mencapai 60%, siklus I pertemuan II ketuntasan hasil belajar menjadi 68% . Pada siklus II pertemuan I ketuntasan hasil belajar mencapai 88%. Hasil belajar meningkat secara signifikan pada siklus II pertemuan II ketuntasan hasil belajar mencapai 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Mind Mapping dapat diterapkan guru untuk memperbaiki pembelajaran PKn agar menjadi lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102640

Actions (login required)

View Item View Item