Penggunaan media pembelajaran peta timbul untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Pandanwangi 5 Malang / Dwi Vindianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran peta timbul untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Pandanwangi 5 Malang / Dwi Vindianasari

Vindianasari, Dwi (2010) Penggunaan media pembelajaran peta timbul untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN Pandanwangi 5 Malang / Dwi Vindianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vindianasari Dwi. 2009. Penggunaan Media Pembelajaran Peta Timbul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV SDN Pandanwangi 5 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Musa Sukardi M.Pd (II) Dra. Hj. Sukamti M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran Peta Timbul Pembelajaran IPA Hasil Belajar Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian minat pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Di SDN Pandanwangi 5 Kota Malang kelas IV belum pernah menggunakan media pembelajaran peta timbul pada kegiatan pembelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi. Selain itu berdasarkan hasil observasi awal tampak kurangnya aktivitas belajar siswa terutama dalam hal bertanya menjawab menanggapi dan kerjasama dalam diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran peta timbul dalam kegiatan pembelajaran di kelas pada mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dan untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar melalui penggunaan media pembelajaran peta timbul pada kegiatan pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pandanwangi 5 Kota Malang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai siswa pada pretes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada hasil pretes nilai ratarata siswa sebesar 64 86 berdasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 maka ditemukan sebanyak 15 siswa atau 41 6% yang belum mencapai KKM dan 21 siswa yang sudah mencapai KKM atau 58 3%. Pada siklus I nilai rata-rata postes siswa sebesar 71 80 data pada siklus I didapat ada 13 siswa yang belum mencapai ketuntasan atau sebesar 36 1% dan 23 siswa sudah mencapai ketuntasan minimal siswa atau sebesar 63 8 %. Pada data dibandingkan lagi dari siklus I ke siklus II rata-rata hasil belajar mengalami kenaikan lagi sebesar 81 11 dengan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau sebesar 11 11% dan 32 siswa sudah mencapai ketuntasan minimal siswa atau sebesar 88 88 . Dengan demikian dapat dilihat ada peningkatan pada setiap tindakan yang diberikan yaitu peningkatan nilai rata-rata dari nilai pretes ke postes pada siklus I sebesar 7 5 % dan nilai rata-rata postes siklus I ke postes siklus II sebesar 9.31 % sedangakan rata-rata nilai pretes ke siklus II sebesar 16 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) Penggunaan media peta timbul dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi 5 Kota Malang maka disarankan agar kegiatan guru dalam penggunaan media peta timbul lebih dimaksimalkan dan aktivitas siswa lebih tingkatkan. Media peta timbul dapat digunakan pada mata pelajaran lain dengan harapan hasil belajar siswa dapat meningkat. 2) Bagi siswa dapat mengembangkan pengetahuan yang ada dan potensi diri dengan cara belajar menggunakan media pembelajaran peta timbul sehingga hasil belajar siswa utamanya pada mata pelajaran IPA dapat meningkat. Disarankan juga agar siswa lebih berani untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami. 3) Bagi peneliti lanjut penggunaan media pembelajaran peta timbul dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dapat digunakan sebagai pembelajaran inovatif. Dengan menggunakan media pembelajaran peta timbul penelitian lebih lanjut dapat melakukan beberapa hal yang merupakan hasil refleksi dari siklus II misalnya dengan menambah jumlah subyek yang diteliti metodologi yang digunakan lebih dimaksimalkan dan menyempurkan RPP yang akan digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102639

Actions (login required)

View Item View Item