Penggunaan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Imroatul Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Imroatul Mufidah

Mufidah, Imroatul (2009) Penggunaan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Imroatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan anak kelas awal sekolah dasar kelas I II dan III masih berada pada tahap operasional konkret dan holistic. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran sebaiknya dikelola dengan menggunakan model pembelajaran tematik yaitu suatu konsep pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa (peserta didik). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatam Pagelaran Kabupaten Malang (2) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan. Teknik penumpulan data ya ng digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi Wawancara Dokumentasi dan Tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang yang berjumlah 32 siswa. Materi yang diajarkan adalah materi semester II yaitu dengan tema Kerajinan Tangan yang dibuat dari perpaduan berbagai mata pelajaran diantaranya matematika bahasaa Indonesia dan Sains. Hasil penelitian model pembelajaran tematik tema kerajinan tangan ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas siswa untuk komponen Visual Activities mengalami peningkatan sebesar (11%) dari siklus I ke siklus II. Komponen Oral Activities mengalami peningkatan sebesar (23 5%) Listening Activities mengalami peningkatan sebesar (9 4%) Writing Activities mengalami peningkatan sebesar (18 7%) Motor Activities mengalami peningkatan sebesar (37 5%) Mental Activities mengalami peningkatan sebesar (15 6%) Emotional Activities juga mengalami peningkatan sebesar (3 1%). Dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian hasil formatif yang meningkat yaitu dari skor hasil rata rata pre tes 48 2 menjadi 66 2 pada siklus I dan meningkat menjadi 78 7 pada siklus II. Serta pada siklus II ini sudah mencapai nilai ketuntasan belajar diatas 75% sehingga kegiatan pada siklus II dihentikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas III MI Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran tematik di kelas III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102638

Actions (login required)

View Item View Item