Kurniati (2009) Peningkatan kemampuan memahami konsep dan hasil belajar materi tumbuhan hijau dengan pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Sumbersari III Kota Malang / Kurniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan memahami konsep materi tumbuhan hijau siswa kelas V di SDN Sumbersari III Kota Malang masih tergolong rendah disebabkan pengetahuan yang diperoleh berupa teori saja. Selain itu pendekatan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah merupakan faktor lain penyebabnya. Perlu tindakan untuk meningkatkan pemahaman konsep yang masih rendah oleh karena itu perlu diterapkan pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran konsep tumbuhan hijau dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses (2) peningkatan memahami konsep tumbuhan hijau pada siswa kelas V dengan Pendekatan Keterampilan Proses (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SDN Sumbersari III Malang pada tanggal 2 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2007. Data penelitian diperoleh dari proses pembelajaran siswa kelas V sebanyak 45 orang. Kegiatan pengumpulan data melalui dokumentasi wawancara observasi dan pengisisan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kegiatan sajian data reduksi data dan penarikan simpulan. Pelaksanaan tindakan sebanyak 3 (tiga) siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) kegiatan perencanaan tindakan dan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian (a) Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat diterapkan di SDN Sumbersari III Malang (b) Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep tumbuhan hijau (c) Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar khususnya materi tumbuhan hijau. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (a) pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar. (b) dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan materi-materi lain pada mata pelajaran lain atau dengan membandingkan dengan pendekatan lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102637 |
Actions (login required)
View Item |