Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian di kelas II SDN. Siyar Kec. Rembang / Sohifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian di kelas II SDN. Siyar Kec. Rembang / Sohifah

Sohifah (2009) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian di kelas II SDN. Siyar Kec. Rembang / Sohifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti selama proses belajar mengajar matematika di kelas II SDN Siyar khususnya materi pokok pembagian masih didominasi guru praktik pembelajaran yang digunakan kurang menggunakan situasi kehidupan nyata di lingkungan siswa sehingga siswa merasa bosan. Peneliti menganggap penting melakukan penelitian untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran digunakan dalam penelitian ini dalam pendekatan PMR siswa memanfaatkan realita dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk memperlancar proses belajar mengajar matematika yang didukung oleh beberapa komponen diantaranya adalah menggunakan masalah kontekstual menggunakan berbagai model konstribusi siswa interaktif dan keterkaitan. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembagian di Kelas II SDN Siyar Kec. Rembang. (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik dalam pembelajaran pokok bahasan pembagian di kelas II SDN Siyar Kec. Rembang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian seluruh siswa kelas II SDN Siyar Kec. Rembang sebanyak 48 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman angket observasi wawancara dan tes. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan pembelajaran pokok bahasan pembagian di Kelas II SDN Siyar Kec. Rembang dengan menggunakan PMR sangat memuaskan dilihat dari pencapaian prestasi siswa dari 48 siswa yang mengalami ketuntasan belajar 41 siswa atau 85.42% dan yang tidak mengalami ketuntasan belajar hanya 7 siswa atau 14.58%. Hal ini menunjukkan prestasi siswa dalam pokok bahasan pembagian dengan PMR melebihi batas minimal prosentase keberhasilan siswa yaitu 65%. Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pembagian sangat membantu siswa karna siswa dihadapkan pada-benda nyata yang sudah tidak asing bagi siswa seperti permen kelereng dan lain-lain. Dengan siswa dihadapkan pada situasi nyata maka pemahaman konsep mereka akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan Bagi Guru diharapkan dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika menerapkan pendekatan dalam pembelajaran matematika yang memungkinkan terjadinya proses belajar melalui pengalaman siswa setiap pembelajaran penghargaan pada siswa harus selalu diberikan meskipun jawaban siswa kurang tepat. Bagi siswa perlunya peningkatan diri melalui belajar secara terus menerus menghilangkan perasaan takut salah bila ingin mengemukakan pendapat tumbuhkan rasa kerjasama antar teman sejawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102636

Actions (login required)

View Item View Item