Masruroh, Imroatin (2009) Meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama melalui model pembelajaran stad (Student Team Achievement Devision) di kelas IV SDN Cangkringmalang III Kabupaten Pasuruan / Imroatin Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada hakikatnya tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah adalah untuk mengembangkan ketrampilan berbahasa baik secara lisan maupun tertulis. Ketrampilan berbahasa yang dimaksud yaitu (1) ketrampilan menyimak (listening) (2) ketrampilan berbicara (speaking) (3) ketrampilan membaca (reading) (4) ketrampilan menulis (writing) menurut Tarigan (1985) Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta yang digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media letak atau bahasa tulis. Adapun tujuan membaca menurut Tarigan cukup isi menemukan kalimat utama dalam paragraf makna wacana. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf di Cangkring Malang III (2) mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemmpuan siswa SDN Cankring Malang III dalam menemukan kalimat utama (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran menemukan kalimat utama melalui model pembelajaran STAD. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 1 x pertemuan yatiu 4 jam pelajaran x 35 menit siklus I dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2009. Sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2009. subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cankringmalang III Pasuruan semester genap tahun ajaran 2008/2009. Jumlah siswa sebanyak 30 siswa 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data penelitian berupa peningkatan interaksi dan aktivitas siswa menemukan kalimat utama dalam paragraf interaksi dan aktivitas siswa yang diamati berdasarkan tiga aspek yaitu (1) partisipasi dalam kelompok (2) komunikasi dalam kelompok (3) tanggung jawab dalam kelompok. Kemampuan menemukan kalimat utama dengan melihat 3 aspek (1) kebenaran penulisan kalimat utama (2) penulisan kalimat utama dan (3) pengolahan kalimat. Hasil penelitian menunjukkan data interaksi dan aktivitas siswa mengalami persingkatan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai yaitu mengalami peningkatan sebesar 40% secara keseluruhan dari hasil belajar siswa mengalmi peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan model STAD diterapkan. Berdasarkan kesimpulan diatas dapat dikatakan bahwa pembelajaran model STAD terbukti dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Cangkringmalang II Pasuruan. Untuk itu diharapkan bersemangat dalam memberikan pengajaran yang bermutu bervariasi dan berinovasi meningkatkan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102635 |
Actions (login required)
View Item |