Meningkatkan kemampuan membaca karya sastra: penelitian tindakan kelas dengan strategi directed reading thinking activity di kelas V SDN Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ismiasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan membaca karya sastra: penelitian tindakan kelas dengan strategi directed reading thinking activity di kelas V SDN Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ismiasih

Ismiasih (2010) Meningkatkan kemampuan membaca karya sastra: penelitian tindakan kelas dengan strategi directed reading thinking activity di kelas V SDN Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ismiasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ismiasih. 2009. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KARYA SASTRA Penelitian Tindakan Kelas dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity di Kelas V SDN Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs.A.Badawi S.Pd M.Pd. Kata Kunci karya sastra strategi DRTA kemampuan membaca sekolah dasar. Penerapan karya sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan srtategi DRTA memungkinkan siswa untuk belajar melalui keterlibatan aktif untuk menemukan sendiri prediksi isi judul bacaan isi gambar menyesuaikan prediksi dengan isi bacaan dan menyimpulkan isi cerita. Berdasarkan pengamatan peneliti pada siswa kelas V SDN Gajahbendo diketahui bahwa hanya sedikit siswa yang memiliki kemampuan dalam memahami isi bacaan nilai rata-rata pada pembelajaran bahasa Indonesia terutama kemampuan membaca pada bulan Februari 2009 mencapai rata-rata 61 58. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca karya sastra anak dengan strategiDRTA (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran membaca karya sastra anak dengan strategi DRTA dan (3) Mendeskripsikan hasil implementasi pembelajaran membaca karya sastra anak dengan menggunakan strategi DRTA. Rancangan digunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan dan Refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah APKG I dan APKG II observasi angket dan tes.Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas V SDN Gajahbendo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Siklus tindakan dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan sebesar 80 % dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca karya sastra dengan strategi DRTA (a) prestasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 41 siswa terdapat 8 orang siswa ((19%) menunjukkan kriteria sangat baik 4 siswa (9 76%) menunjukkan kriteria baik 7 siswa (17 07%) menunjukkan kriteria cukup baik dan 13 siswa (31 70%) menunjukkan kriteria kurang baik serta 9 siswa (21 95%) menunjukkan tidak baik dengan rata-rata pencapaian hasil belajar 61 58. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 orang siswa (53 66%) menunjukkan kriteria sangat baik 7 siswa (17 07%) menunjukkan kriteria baik 9 siswa (21 95%) menunjukkan kriteria cukup baik dan 1 siswa (2 44%) menunjukkan kriteria kurang baik serta 3 siswa (4 88%) menunjukkan tidak baik dengan rata-rata pencapaian hasil belajar 85 dan sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar (b) kemampuan guru dalam merancang RPP pada siklus I memiliki kriteria baik (87) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik (95) (c) kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memiliki kriteria baik (86) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik (95). Kesimpulan dari penelitian ini (1) cara meningkatkan keterampilan membaca karya sastra dilakukan melaui strategi DRTA (2) proses pembelajaran membaca karya sastra pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan disamping mengalami peningkatan kemampuan membaca siswa juga terjadi peningkatan tehadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran (3) hasil tes siklus I dan II diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan membaca karya sastra di kelas V. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas saran yang dapat berikan adalah hendaknya srtategi DRTA dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya dan diperlukan adanya penelitian lebih lanjut berkenaan dengan penerapan strategi DRTA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102633

Actions (login required)

View Item View Item