Priananda, Shinta Paramita (2011) Penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Kasreman Kecamatan KAndangan Kabupaten Kediri / Shinta Paramita Priananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci inkuiri jurisprudensial hasil belajar keaktifan PKn SD. Hasil observasi dan wawancara penelitian dalam pemahaman mata pelajaran PKn kelas IV semester II dengan materi pokok globalisasi yang diujikan kepada siswa kelas IV SDN Kasreman menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami masalah globalisasi mendapatkan nilai terendah. Siswa kurang memahami materi globalisasi karena kejenuhan siswa terhadap pelajaran dan guru mengharuskan siswa untuk mendengarkan penjelasan guru. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman materi globalisasi yaitu berdasarkan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial melalui tahap (1) orientasi kasus (2) identifikasi isu (3) menetapkan posisi (4) menyelidiki cara berpendirian (5) memperbaiki dan mengkualifikasi dan (6) melakukan pengujian asumsi-asumsi terhadap posisi/pendapat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri (2) bagaimanakah keaktifan siswa pada penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial pada siswa kelas IV SDN Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri dan (3) apakah penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri . Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDN Kasreman Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri dengan prosedur (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial telah dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapannya. Selain itu penerapan model pembelajaran inkuiri jurisprudensial dapat membuat siswa menjadi aktif. Hal ini ditandai dengan keberanian siswa bertanya dan mengemukakan pendapat dengan argumen yang tepat. Peningkatan rata-rata keaktifan siswa dari siklus I dengan nilai 69 00 ke siklus II dengan nilai 78 50 sebesar 13 77%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu dari nilai rata-rata kelas pra tindakan dengan nilai 55 73 meningkat menjadi dengan nilai 67 79 dan pada siklus II meningkat dengan nilai 80 21 dengan persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 21 64% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 18 32% sehingga persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus II sebesar 43 93 %. Peneliti memberikan saran sebaiknya guru menggunakan model pembelajran inkuiri jurisprudensial dalam mengajar PKn sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terhadap materi globalisasi dan lebih memperhatikan siswa yang ramai sebaiknya pada penelitian selanjutnya peneliti dapat meminimalisir siswa yang ramai selain itu sebaiknya kepala sekolah lebih memperhatikan taraf perkembangan siswa dan umur siswa sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menguasai materi pelajaran khususnya materi globalisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102630 |
Actions (login required)
View Item |