"Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 02" / Ester Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

"Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 02" / Ester Dwi Rahayu

Rahayu, Ester Dwi (2009) "Pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 02" / Ester Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Ester Dwi . 2009. Pemanfaatan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar ntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kebonagung 02 . Skripsi Program Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar (PLAS) Hasil Belajar IPA Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di SDN Kebonagung 02 Kec. Pakisaji Kab. Malang penulis menemukan hambatan yang dialami guru dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV sehingga menyebabkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan harian mata pelajaran IPA semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Dari jumlah 41 siswa yang mendapat nilai kurang dari nilai Standart Ketuntasan Belajar Minimal (70) sebanyak 30 siswa . Diperkirakan faktor yang mempengaruhi siswa kurang dapat memahami materi pelajaran tersebut adalah 1) siswa kurang tertarik/kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar 2) guru menggunakan metode ceramah tanya jawab serta penugasan tanpa ada variasi dalam pembelajaran 3) siswa lebih suka belajar di luar ruangan kelas daripada belajar di dalam ruangan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS) dalam pelajaran IPA pada kompetensi dasar perubahan lingkungan akibat hujan (2) untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kebonagung 02 pada kompetensi dasar perubahan lingkungan akibat hujan dengan pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan pada siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan sedangkan pada siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV semester II Tahun Pelajaran 2008/2009 di SDN Kebonagung 02 yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa data hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan selisih pre-tes dan pos-tes. Instrumen yang digunakan adalah soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS) pada mata pelajaran IPA siswa mampu memahami keadaan sungai setelah terjadi hujan dan mampu mencari cara untuk mengatasi masalah yang diakibatkan perubahan lingkungan akibat hujan. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 02 Kec. Pakisaji Kab. Malang. Pada pretes nilai rata-rata sebesar 58 46. Pada siklus I nilai rata-rata postes siswa sebesar 72 37. sehingga terjadi peningkatan sebesar 13 91. Nilai rata-rata pada postes siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 86 84. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 28 38.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102627

Actions (login required)

View Item View Item