Rosanah (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi perkalian berbagai bentuk pecahan siswa kelas V SDN Ngerong Pasuruan / Rosanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V ditemukan permasalahan-permasalahan antara lain 1) siswa pasif dalam pembelajaran 2) suasana pembelajaran yang tegang dimana siswa dituntut harus segera menyelesaikan tugas yang diberikan guru 3) penyelesaikan operasai perkalian berbagai pecahan tergantung contoh yang diberikan guru 4) hasil belajar matematika yang rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa keaktifan rasa senang dan hasil belajar matematika siswa masih rendah sehingga perlu ditingkatkan secara terencana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan rasa senang dan hasil belajar matematika materi perkalian berbagai bentuk pecahan siswa kelas V SDN Ngerong Pasuruan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan mulai 24 Pebruari-5 Maret 2009 dan dilakukan dalam 2 siklus. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap Planning/Perencannan Acting and observasing/Tindakan dan observasi Reflecting/Refleksi dan rervise/Revisi. Hasil penelitian selama 2(dua) siklus dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Ngerong Pasuruan 2) penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan rasa senang siswa kelas V SDN Ngerong Pasuruan terhadap mata pelajaran matematika penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Ngerong Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas saran yang dapat diberikan adalah untuk penelitian selanjutnya hendaknya lebih intensif dalam melakukan pengamatan dan hendaknya pembelajaran Kontekstual dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102626 |
Actions (login required)
View Item |