Meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN Karang Besuki I Kecamatan Sukun Kota Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dita Purwoadi Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN Karang Besuki I Kecamatan Sukun Kota Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dita Purwoadi Susanto

Susanto, Dita Purwoadi (2009) Meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN Karang Besuki I Kecamatan Sukun Kota Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dita Purwoadi Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan mengetahuinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Karang Besuki I mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Karang Besuki I dengan menerapkan pembelajaran kontekstual mendiskripsikan dampak dari penerapan pendekatan kontekstual terhadap Sciene Skill dan Social Skill IPA siswa di kelas IV SDN Karang Besuki I mendiskripsikan tanggapan siswa dan guru kelas IV SDN Karang Besuki I terhadap penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 2 siklus dimana terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata sebesar 16 8 dari siklus I dengan nilai 70 3 menjadi 87 1 pada siklus II. Pada sciene skill siswa juga terjadi peningkatan sebesar 12 1 % dari siklus I dengan prosentase ketuntasan 71 4 % menjadi 83 5 % pada siklus II. Social skill siswa juga terjadi peningkatan dari cukup menjadi baik. Sehingga disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karang Besuki I materi Gaya dan Pengaruhnya pada Benda. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru menerapkan pendekatan kontekstual ini pada materi yang lain terutama pada mata pelajaran IPA dengan menghadirkan dunia nyata melalui media sehingga siswa mengetahui dan mengalami secara langsung dan konsep yang diperoleh dapat tertanam lebih lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102623

Actions (login required)

View Item View Item