Penggunaan media SEQIP siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungsalam II Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang / Agisty Nirmalasari Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media SEQIP siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungsalam II Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang / Agisty Nirmalasari Rosyidah

Rosyidah, Agisty Nirmalasari (2010) Penggunaan media SEQIP siklus air untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kedungsalam II Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang / Agisty Nirmalasari Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nirmalasari Rosyidah Agisty. 2009. Penerapan Media SEQIP Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPA Siswa Kelas V SDN Kedungsalam II Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Skripsi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M. Sn (II) Dra. Sri Estu Winahyu M. Pd. Kata kunci Media SEQIP Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam bukan hanya penguasaan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip melainkan suatu proses penemuan. Upaya mencapai tujuan pembelajaran IPA tidak hanya ditentukan metodenya tetapi didukung pemilihan media yang relevan dengan materi dan karakteristik siswa. Pemanfaatan media SEQIP dalam pembelajaran IPA dapat memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA. Fakta hasil observasi awal diperoleh data bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah tidak tampak penggunaan media pembelajaran sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) penerapan media SEQIP yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air 2) peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air 3) tanggapan guru terhadap penerapan media SEQIP pada pembelajaran IPA untuk materi siklus air. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan. Data hasil penelitian di kumpulkan melalui observasi dokumentasi dan wawancara. Data-data yang terkumpul setelah dianalisis dilaporkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat. Terbukti sebelum peneliti melakukan tindakan hasil belajar siswa kelas V rata-rata 71 96 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal hanya 9 siswa sedangkan 19 siswa lain masih belum mencapai ketuntasan. Tetapi setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar siswa mengalami kenaikan cukup pesat yaitu hasil belajar siswa kelas V rata-rata 76 22 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 17 siswa dan masih ada 11 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II dan hasil belajar siswa kelas V menjadi 86 65 artinya seluruh siswa kelas V sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Kesimpulan pembelajaran IPA dengan media SEQIP siklus air 32dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan cukup pesat terlihat nilai pra tindakan siklus I hingga siklus II. Tanggapan guru terhadap pembelajaran menggunakan media SEQIP sangat baik. Pembelajaran menjadi efektif siswa menjadi aktif dan kreatif. Disarankan kepada Kepala Sekolah SDN Kedungsalam II bersedia melakukan pengadaan media SEQIP untuk pelajaran IPA. Untuk peneliti lanjutan diharapkan melakukan penelitian ulang dengan menggunakan alat SEQIP yang lebih baik dan modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102621

Actions (login required)

View Item View Item