Penggunaan media konkrit untuk meningkatkan konsepsi siswa kelas IV tentang gaya di SDN Tamanayu 03 / Fitri Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media konkrit untuk meningkatkan konsepsi siswa kelas IV tentang gaya di SDN Tamanayu 03 / Fitri Yuliani

Yuliani, Fitri (2009) Penggunaan media konkrit untuk meningkatkan konsepsi siswa kelas IV tentang gaya di SDN Tamanayu 03 / Fitri Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran yang sering digunakan di SDN Tamanayu 03 Pronojiwo Lumajang adalah metode ceramah. Pembelajaran dengan metode ini menyebabkan rendahnya aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini mendorong peneliti menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan media konkrit pada pembelajaran IPA. Karena dengan menggunakan media pembelajaran siswa dapat terlibat secara aktif baik fisik maupun mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pemanfaatan media kongkrit pokok bahasan gaya siswa kelas 4 SDN Tamanayu 03 (2) Prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media konkrit dalam pembelajaran IPA di SDN Tamanayu 03 (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dan (4) Tanggapan guru dan siswa tentang pembelajaran dengan menggunakan media konkrit. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Tamanayu 03 Pronojiwo semester genap tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 19 siswa. Data berupa aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi dan prestasi belajar siswa dengan tes dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep gaya pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Tamanayu 03 meningkat dan tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata skor pada pretes sebesar 59 73 dan meningkat menjadi 80 pada skor hasil postes. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini yaitu (a) pembelajaran dengan penggunaan media konkrit dapat meningkatkan keaktifan siswa (b) Aktivitas siswa dapat ditingkatkan (c) Peningkatan prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media konkrit (d) Guru dan siswa memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan media konkrit. Berdasarkan penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat terutama bagi guru dalam memanfaatkan media benda konkrit guna mencapai pemahaman siswa yang lebih baik. Selain itu diharapkan hasil penelitian ini ditindak lanjuti guna memperoleh hasil yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102620

Actions (login required)

View Item View Item