Pengaruh gaya belajar siswa dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek / Irma Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar siswa dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek / Irma Yuniarti

Yuniarti, Irma (2009) Pengaruh gaya belajar siswa dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek / Irma Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniarti Irma. 2009. Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek. Skripsi. Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembibing (I) Drs. Cipto Wardoyo SE M.Pd Msi. Ak (2) Dr. Dyah Ayu W. S.E Msi. Ak Kata Kunci Gaya Belajar Siswa Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Prestasi Belajar Siswa. Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar bimbingan belajar oleh orang tua juga mempunyai peranan terhadap prestasi belajar siswa. Bimbingan belajar oleh orang tua maksudnya adalah pengarahan ajar-latih dan pengasuhan yang diberikan oleh orang tua agar anak dapat mengadakan penyesuaian dengan dirinya dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek baik secara parsial maupun secara simultan.Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI program IPS SMAN I Tugu Trenggalek dengan jumlah 60 siswa. Penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek (3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dan bimbingan belajr oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI program IPS di SMAN I Tugu Trenggalek. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjested R Square) sebesar 0 488 yang berarti variabel terikat prestasi belajar dijelaskan oleh variabel bebas gaya belajar siswa dan bimbingan belajar oleh oleh orang tua sebesar 48 4%. Sedangkan sisanya 51 6% dijelaskan oleh variabel di luar variabel yang digunakan dalam penelitian. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan agar siswa khususnya siswa kelas XI program IPS SMAN I Tugu Trenggalek agar lebih mengetahui dan memahami gaya belajar yang baik bagi dirinya sehingga prestasi yang dihasilkan dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102619

Actions (login required)

View Item View Item