Penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I Probolinggo / Wulan Kusuma Anggeraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I Probolinggo / Wulan Kusuma Anggeraeni

Anggeraeni, Wulan Kusuma (2009) Penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I Probolinggo / Wulan Kusuma Anggeraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggeraeni Wulan Kusuma. 2009. Penggunaan Media Gambar Ilustrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Isi Teks Bacaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IIA SDN Maron Wetan I Probolinggo. Program Studi S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Winihasih M.Pd (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Ilustrasi Kemampuan Menyimpulkan Isi Teks Bacaan di SD. Dalam dunia pendidikan keterampilan menyimpulkan isi teks bacaan dibutuhkan untuk memahami isi bacaan. Keterampilan menyimpulkan isi teks bacaan penting pada anak Sekolah Dasar. Hasil orientasi di lapangan dan informasi dari wali kelas IIA SDN Maron Wetan I siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I mengalami kesulitan dalam menyimpulkan isi teks bacaan. Dalam proses pembelajaran guru tidak pernah menggunakan media gambar ilustrasi sebagai media dalam menyimpulkan isi teks bacaan.Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan di SD perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan media gambar ilustrasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana proses penggunaan media gambar ilustrasi untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I Probolinggo (2) Apakah dengan menggunakan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IIA SDN Maron Wetan I .Probolinggo. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan secara bersiklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media gambar ilustrasi meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan. Sebelum menyimpulkan isi teks bacaan siswa membaca nyaring terlebih dahulu. Peningkatan hasil keterampilan membaca nyaring siswa mencapai 7%. Pada kegiatan membaca nyaring siklus I rata-rata siswa mencapai 72 dan pada siklus II mencapai 79. Sedangkan pada kegiatan menyimpulkan isi teks bacaan mencapai 9%. Pada kegiatan menyimpulkan isi teks bacaan siklus I rata-rata siswa mencapai 73 dan pada siklus II mencapai 82. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan siswa serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Saran kepada guru dalam mengajar hendaknya tidak sekedar mengajarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton. Sebagai guru SD hendaknya lebih memahami dalam melaksanakan proses penggunaan media gambar ilustrasi dan mempresentasikan materi pembelajaran sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102617

Actions (login required)

View Item View Item