Meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan memanfaatkan media lingkungan alam di kelas V SDN Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan / Ninik Styaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan memanfaatkan media lingkungan alam di kelas V SDN Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan / Ninik Styaningrum

Styaningrum, Ninik (2009) Meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan memanfaatkan media lingkungan alam di kelas V SDN Kinandang Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan / Ninik Styaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

65279 ABSTRAK Styaningrum Ninik. 2009. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Dengan Memanfaatkan Media Lingkungan Alam di Kelas V SDN Kinandang I Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Dra. Hj. Winiharsih M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Lingkungan Alam. Kemampuan menulis cerita pengalaman merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran salah satunya adalah ketrampilan menulis cerita pengalaman. Seseorang dapat menyampaikan ide pesan dan pendapat pada pembaca dalam bentuk tulisan. Guru dituntut merencanakan metode yang dapat menimbulkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemanfaatan media lingkungan alam untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas V di SDN Kinandang I. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemanfaatan media lingkungan alam untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman (2) Mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pemanfaatan media lingkungan alam. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus (siklus I dan siklus II). Tiap siklus meliputi empat alur tindakan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pemanfaatan media lingkungan alam di kelas V SDN Kinandang I yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman dengan pemanfaatan media lingkungan alam (a) prestasi hasil belajar siswa (pra tindakan) menunjukkan 15 orang siswa terdapat 12 orang siswa memperoleh skor di bawah nilai standar dan 3 orang siswa memperoleh skor di atas nilai standar pada siklus I terjadi peningkatan yaitu 8 orang memperoleh nilai di bawah nilai standar dan 7 orang siswa memperoleh skor diatas nilai standar sedangkan pada siklus II 15 orang siswa memperoleh nilai di atas batas minimal yaitu 70. (b) kemampuan guru dalam merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran pada siklus I memiliki kriteria Baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kriteria Sangat Baik . Kesimpulan dari penelitian ini (1) proses pembelajaran menulis cerita pengalaman pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada siswa dan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. (2) dengan berdasar hasil tes menulis cerita pengalaman yang diperoleh siswa melalui siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas V. Berdasar hasil penelitian tersebut dikemukakan saran bagi kepala sekolah perlu adanya bimbingan terhadap guru guru hendaknya memanfaatkan media lingkungan alam dalam proses pembelajaran peneliti lain perlu adanya penelitian lebih lanjut berkenaan dengan pemanfaatan media lingkungandalam pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102616

Actions (login required)

View Item View Item