Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek / Devi Indriati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek / Devi Indriati

Indriati, Devi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV di SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek / Devi Indriati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN I Widoro adalah salah satu Sekolah Dasar yang ada di Kec. Gandusari Kab. Trenggalek. Berdasarkan observasi di kelas IV pada tanggal 13 April 2005 diketahui bahwa terdapat permasalahan pada pembelajaran IPA di kelas tersebut. Permasalahan tersebut antara lain guru cenderung menggunakan (1) metode ceramah (2) tanya jawab dan (3) penugasan melalui LKS. Selain itu siswa hanyaberpikir secara individu tanpa ada sharing pendapat dengan temannya. Hal ini mengakibatkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani permasalahan tersebut dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pelajaran IPA dengan pokok bahasan Sumber Daya Alam.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN I Widoro Kec. Gandusari Kab. Trenggalek semester genap tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 17 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes evaluasi untuk mengetahui pemahaman konsep sumber daya alam lembar observasi aktifitas guru dan siswa dan pedoman wawancara.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif STAD dalam pelajaran IPA (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA dengan menggunakan kooperatif STAD (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA dengan menggunakan kooperatif STAD.Pembelajaran kooperatif STAD memiliki berbagai kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan yang ada di SDN I Widoro. Model STAD ini menekankan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Siswa juga dilibatkan secara aktif baik fisik maupun mental sehingga aktivitas maupun prestasi belajar siswa meningkat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa (individu) pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 48% meningkat pada pertemuan ke-2 sebesar 52%. Pada siklus I ini aktivitas siswa masih berada di bawah ketuntasan aktivitas yang telah ditetapkan guru yaitu 60%. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat sebesar 60% dan telah mencapai ketuntasan aktivitas. Sedangkan aktivitas siswa (kelompok) pada siklus I pertemuan ke-1 sebesar 53 meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102614

Actions (login required)

View Item View Item