Maharani, Suci (2009) Bermain sebagai upaya mengatasi kesulitan siswa kelas IV dalam pembelajaran perkalian bilangan cacah di SDN Pleret I Pasuruan / Suci Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa dari 34 siswa kelas IV SDN. Pleret I ada 19 siswa yang belum menguasai fakta dasar perkalian 6 sampai dengan 9. Disamping itu berdasarkan pre test yangtelah dilakukan peneliti tentang operasi perkalian bilangan tiga angka dengan dua angka menggunakan cara bersusun pendek ditemukan bahwa dari 34 siswa hanya 1 siswa mampu mengerjakan 2 soal dengan benar 9 siswa mampu mengerjakan 1 soal dengan benar dan 24 siswa lainnya salah dalam mengerjakan soal tersebut. Untuk mengatasi hal itu maka diadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi bermain domino perkalian dan mendeskripsikan penggunaan batang Naphier untuk mengatasi kesulitan siswa kelas IV dalam menyelesaikan operasi perkalian bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan rincian pelaksanaan pre tes satu kali pertemuan siklus I satu kali pertemuan siklus II dua kali pertemuan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dibagi dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah 34 siswa kelas IV SDN. Pleret I semester II tahun pelajaran 2008 / 2009. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 9 Pebruari 2009 sampai dengan 5 Mei 2009. Instrumen penelitian ini meliputi pedoman observasi lembar evaluasi (tes) dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif dan indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah bila ketuntasan perorangan sebesar 65 % dan ketuntasan klasikal sebesar 75 % berdasarkan petunjuk pelaksanaan belajar mengajar dalam KTSP. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 64 7 meningkat menjadi 85 9 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian in dapat disarankan dalam PBM guru menggunakan alat peraga / media yang menarik dan bervariasi supaya pembelajaran berlangsung menyenangkan dan guru harus kreatif menemukan cara-cara yang mudah dan cepat dipahami siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102613 |
Actions (login required)
View Item |