Wahyuni, Sri (2009) Penerapan strategi questioning untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi geguritan pada pembelajaran bahasa jawa kelas 5B SDN kesatrian 1 kota Malang / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi kemampuan siswa dalam mengapresiasi geguritan masih sangat kurang baik kemampuan membaca berekspresi intonasi dan keberanian siswa dalam mengeluarkan suara. 94 % dari hasil belajar siswa kelas 5B di bawah standar kompetensi minimal (60). Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas 5B belum mampu mengapresiasi geguritan dengan baik. Pada kesempatan ini peneliti berupaya meningkatkan kemampuan siswa kelas 5B dalam mengapresiasikan geguritan dengan menerapkan strategi questioning. Ada pun rumusan masalah yang dibahas antara lain (1) bagaimana penerapan strategi questioning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang (2) apakah penerapan strategi questioning dapat menumbuhkan rasa senang dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang (3) apakah strategi questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang Berdasarkan rumusan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi questioning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang (2) mendeskripsikan penerapan strategi questioning dapat menumbuhkan rasa senang siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif. Pada saat penelitian berlangsung terjadi kolaborasi antara guru bidang studi Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian 1 dengan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi questioning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian I Kota Malang (2) penerapan strategi questioning dapat meningkatkan rasa senang siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian I Kota Malang (3) penerapan strategi questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas 5B SDN Kesatrian I Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi questioning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi geguritan. Baik diterapkan secara klasikal maupun secara berkelompok. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar peningkatan rasa senang siswa dalam mengapresiasi geguritan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam mengapresiasi geguritan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102612 |
Actions (login required)
View Item |