Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonagung 2 Kabupaten Malang / Bambang Setyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonagung 2 Kabupaten Malang / Bambang Setyadi

Setyadi, Bambang (2010) Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Kebonagung 2 Kabupaten Malang / Bambang Setyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK 5 Setyadi Bambang. 2009. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Kebonagung 2 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan S 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar IPA Kurikulum yang disempurnakan saat ini yaitu KTSP yang disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah siswa dengan penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi berorientasi pada hasil belajar dan penilaian ditekankan pada proses dan hasil belajar. Salah satu faktor penentu keberhasilan pelaksanaannya adalah pendekatan dan metode yang digunakan. Penggunaan pendekatan dan metode belajar harus mempertimbangkan kesesuaian dan kompetensi dasar serta standar kompetensi yang ingin dicapai uraian materi pokok teknik evaluasi yang dipakai sarana yang tersedia serta mempertimbangkan kemampuan anak didik. Dari hasil observasi di lapangan kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Oleh karena itu peneliti menganggap penting mengadakan penelitian guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki siswa dengan jalan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Data hasil penelitian ini di analisis secara diskriptif. Tempat pelaksanaan di SDN Kebonagung 2 Kabupaten Malang dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa dan dilaksanakan mulai tanggal 9 Februari-20 Maret 2009. Hasil penelitian setelah diterapkan Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam lingkungan sekitar menunjukkan adanya dampak yang baik terhadap aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap aktivitas siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rata-rata skor semua komponen aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61 2 meningkat menjadi 77 6 pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari pretes (62) meningkat pada siklus I (75) selanjutnya meningkat pada siklus II (82) dan dari peningkatan prosentase taraf keberhasilan siswa dari siklus I (64 7%) ke siklus II (91 2%). Berdasarkan penelitian ini juga tanggapan guru sangat baik terhadap penerapan Problem Based Learning (PBL) dan disarankan agar dalam pembelajaran IPA digunakan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102611

Actions (login required)

View Item View Item